Malam Ini Air Kian Tinggi, Warga Purun Kecil Semakin Banyak yang Dievakuasi

Editor : Suhendra Yusri
Seorang lansia dalam kondisi terinfus di lokasi pengungsian Desa Sungai Purun Kecil karena menderita sakit, Sabtu (5/9/2020).
Mempawah (Suara Kalbar)- Hujan lebat semakin deras mengguyur Kecamatan Sungai Pinyuh, termasuk di Desa Sungai Purun Kecil. Hingga pukul 21.40 WIB, Kades Sungai Purun Kecil, Zainol Bahri, mengaku tengah memimpin evakuasi lanjutan bagi warganya.
“Air semakin tinggi, bertambah banyak rumah warga kami yang terendam air. Saat ini bersama aparatur desa, elemen masyarakat, aparat kepolisian, TNI dan Tagana, kami tengah mengevakuasi lanjutan,” ujar Zainol.

Zainol mengaku belum mendata yang jumlah KK dan jiwa yang dievakuasi pada malam ini. Namun ia memastikan, jumlah warga yang mengungsi semakin banyak. Jika tadi sore menggunakan empat ruang kelas di SMPN 2, maka ia memprediksi akan menambah jumlah ruangan untuk menampung warganya.

“Hujan semakin lebat saat ini bang. Tingginya sudah sebatas paha orang dewasa. Kami harus bergerak cepat agar tak ada warga yang terjebak banjir,” ujarnya.

Bahkan air kini sudah menggenangi Jalan Raya Sungai Purun Kecil. Menurut Enol, sapaan akrabnya, petugas kepolisian, TNI dan relawan, sudah berada di jalan raya untuk mengatur lalu lintas agar tak terjadi kecelakaan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Posko banjir Desa Sungai Purun Kecil, hingga sore tadi, warga yang terdampak banjir terdiri atas 344 kepala keluarga atau 1.376 jiwa. Hingga saat ini, yang mengungsi berjumlah 114 orang  meliputi, laki-laki 23 orang, perempuan 49 dan anak-anak 42 orang.

Peristiwa banjir yang terjadi di Desa Sungai Purun Kecil disebabkan oleh curah hujan dengan intensitas tinggi dan ditambah dengan saluran air yang kecil dan gorong-gorong tersumbat.

Karenanya, menghambat arus air mengalir yang mengakibatkan air meluap, hingga masuk menggenangi rumah warga, sehingga memaksa warga untuk mengungsi di SMPN 2 Sungai Pinyuh. Diprediksi, air sungai akan makin meluap apabila air laut mengalami pasang dan hujan susulan.

Penulis : Dian Sastra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini