Mahasiswa FMIPA UNTAN Gandeng Polres Mempawah Cegah Covid-19

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Mahasiswa FMIPA UNTAN yang menggelar KKM dengan upaya pencegahan Covid-19 bersama Polres Mempawah
Mempawah (Suara Kalbar)-Kuliah Kerja Mahasiswa  (KKM) yang digelar mahasiwa FMIPA UNTAN kali ini berbeda dengan KKM biasanya. Pada kondisi pandemi Covid-19, KKM dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Meski demikian, KKM tetap harus memberikan dampak positif bagi warga di lingkungan sekitar. Mahasiswa dituntut mengetahui permasalahan yang ada di lingkungannya, kemudian memberikan kontribusi berupa solusi atau jalan keluar.

Di Mempawah, KKM kelompok 7 periode 2020 di domisili tempat tinggal masing-masing mahasiswa, dilaksanakan selama 1 bulan. Yakni 5 Agustus – 5 September 2020. Mereka menggelar sejumlah kegiatan dan menciptakan inovasi terkait pencegahan Covid-19.

Ketua Kelompok 7 KKM FMIPA UNTAN, Deny, mengatakan, ia dan teman-teman memiliki beberapa agenda kegiatan terkait dengan pencegahan Covid-19 di Mempawah. Misalnya, melakukan penyemprotan desinfektan bekerja sama dengan Polres Mempawah.

“Lokasinya, di titik-titik vital yakni tempat ibadah, taman serta di sentra-sentra kuliner. Bersama Polres Mempawah, kami melakukan penyemprotan desinfektan pada Kamis, 3 September,” kata Deny.

KKM yang dijalani 9 mahasiswa FMIPA UNTAN mendapatkan dukungan penuh dari pihak Kampus, Polres, warga dan perangkat desa setempat.

“Besar harapan kami agar kegiatan KKM Kelompok 7 FMIPA UNTAN ini bermanfaat dan diterapkan dengan baik oleh warga,” imbuh Deny.

Paur Humas Polres Mempawah, Ipda Lidwina, mengapresiasi inisiatif Kelompok 7 KKM FMIPA UNTAN di Mempawah yang membantu Polri, TNI dan Pemkab Mempawah, dalam upaya pencegahan Covid-19 dan meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam protokol kesehatan.

“Kami di Polres Mempawah sangat terbantu dengan hadirnya adik-adik mahasiwa FMIPA UNTAN selama kami menjalankan tugas dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19,” ungkap Lidwina.

Karenanya, Lidwina lantas berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mempawah agar disiplin dalam mematuhi aturan protokol kesehatan. Yakni gunakan masker ketika keluar rumah, rajin mencuci tangan dan hindari keramaian.

“Apalagi saat ini telah terbit Perbup Nomor 50 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan protokol kesehatan. Kami berharap adik-adik mahasiwa dapat turut membantu mensosialisasikannya ke masyarakat,” harap dia.

Penulis : Dian Sastra
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini