Lestarikan Olahraga Tradisional, Kodim 1202 Singkawang Gelar Latihan Sumpit

Editor : Suhendra Yusri
Anggota Kodim 1202 Sngkawang memgikuti latihan sumpit dan ikut melestarikan budaya asli Kalimantan di Lapangan Makodim 1202 / Singkawang Jalan Ali Anyang Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Senin (28/9/2020).

Singkawang (Suara Kalbar)- Anggota Kodim 1202/ Singkawang mengikuti latihan sumpit dan ikut melestarikan budaya asli Kalimantan di Lapangan Makodim 1202 / Singkawang Jalan Ali Anyang, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Senin (28/9/2020).

“Panahan sumpit merupakan waris lokal dan asli Indonesia yaitu kalimantan, dan harus kita lestarikan. Jangan sampai nantinya kebudayaan ini diklaim sebagai budaya negara lain, selanjut nya pula olahraga ini dapat menjadi pelajaran juga bagi generasi muda sekarang. Sebab, hampir semua generasi muda sekarang ini jarang yang mengetahui seperti apa olahraga ini,” ujar Dandim 1202/Singkawang,  Letkol Inf Condro Edi Wibowo.

Dia menjelaskan, olahraga panahan sumpit ini bahkan sudah dipakai oleh pasukan-pasukan khusus di dunia kemiliteran. Misalnya saja, digunakan oleh Kopassus, Kostrad dan Taipur.

“Kalau di dunia militer, alat itu sudah banyak dilakukan modifikasi. Karena senjata tersebut senjata senyap, modifikasi yang telah dilakukan pun tidak sampai menimbulkan suara. Sehingga mudah melumpuhkan musuh. Itu penggunaannya di dunia militer,” jelasnya.

Penulis   : Pendim 1202 / Singkawang 


 

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini