Kutuk Keras Penusukan Syeikh Ali Jaber, MUI Mempawah Ajak Masyarakat Lindungi Ulama

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Mempawah (Suara Kalbar) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mempawah menyampaikan pernyataan sikap terkait upaya penusukan ulama kondang Indonesia, Syeikh Ali Jaber.

Dalam edaran pernyataan sikap yang diterima suarakalbar.co.id, MUI Kabupaten Mempawah mengecam dan mengutuk keras penusukan tersebut.

“Syeikh Ali Jaber adalah seorang ulama yang telah mengorbankan dan mendedikasikan untuk kegiatan dakwah Islam di Indonesia. Kami mengutuk keras tindak penusukan terhadap beliau (Syeikh Ali Jaber),” kata Ketua MUI Kabupaten Mempawah, KH. Tusirana Rasyid, yang didampingi Sekretaris Muhardi.

Kepada aparat penegak hukum, dalam hal ini adalah Kepolisian Republik Indonesia, MUI Kabupaten Mempawah selanjutnya berharap agar mengusut tuntas tindakan kejahatan pelaku yang mengancam nyawa seorang ulama, mengungkap motif penusukan dan aktor intelektual di balik peristiwa tersebut.

“Kami juga meminta kepada aparat kepolisian agar setiap kasus penganiayaan dan upaya pembunuhan terhadap ulama (para kiyai, habaib, tuan guru, da’I, ustadz, imam) tidak dengan mudah mengklaim pelakunya adalah seseorang yang mengalami gangguan jiwa, sebelum dilakukannya penelitian dan penyelidikan dengan melibatkan para pakar/ahli di bidang kejiwaan,” tegas Tusirana Rasyid.

Selanjutnya, MUI Kabupaten Mempawah meminta kepada pengurus masjid dan panitia tabligh akbar yang mengundang da’i/da’iyah agar memberikan pengawalan dan protokol keamanan berlapis yang ketat, baik dari panitia penyelenggara maupun aparat keamanan.

Kepada masyarakat dan umat Islam di Kabupaten Mempawah, dimohon untuk tidak terprovokasi oleh berita-berita yang beredar di media sosial yang sumbernya tidak jelas (hoax) dan bernada mengadudomba antara umat Islam dengan pemerintah.

“Percayakan proses hukum kepada aparat pemerintah/aparat Kepolisian Republilk Indonesia. Mari kita semua serta ikut mengawal perkembangannya hingga tuntas,” imbuh Tusirana lagi.

Terkait dengan upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19, MUI Kabupaten Mempawah mendukung dan turut mensosialisasikan Peraturan Bupati Nomor 50 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum Protokol Kesehatan.

Penulis : Dian Sastra
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini