Kodim 1201/Mph Gandeng Masyarakat Tanam Mangrove di Desa SBBL

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Dandim 1201/Mph Letkol Inf Dwi Agung Prihanto dan Ketua Persit KCK Cabang 45, Herlia Dwi Agung Prihanto, melaksanakan penanaman mangrove di Desa SBBL Kecamatan Sungai Pinyuh.
Mempawah (Suara Kalbar)-Bersama Lestarikan Bumi Indonesia Demi Masa Depan Generasi Penerus Bangsa.

Itu lah tajuk penuh semangat yang dicanangkan Kodim 1201/Mph ketika menggelar bakti sosial tanam mangrove di Cinta Mangrove Park, Desa Sungai Bakau Besar Laut, Kecamatan Sungai Pinyuh, Jumat (4/9/2020).

Dandim 1201/Mph, Letkol Inf Dwi Agung Prihanto mengatakan, penanaman mangrove ini merupakan upaya personel Kodim dan ibu-ibu Persit Cabang 45 Kodim Mempawah untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup, ekosistem perairan serta mengurangi pemanasan global.

 “Untuk menyukseskan kegiatan ini, kami menggandeng personel Polsek Sungai Pinyuh, masyarakat dan Pemerintah Desa Sungai Bakau Besar Laut dan Kelompok Pencinta Alam Urang Udas,” jelas Dwi Agung Prihanto.

Cinta Mangrove Park sebagai salahsatu taman ekowisata mangrove di Kabupaten Mempawah, baru-baru telah berhasil mencuri perhatian banyak pihak. Sebab penataan yang dilakukan sangat rapi dan indah. Hebatnya lagi, pengelolaan taman ini juga dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat.

Hal ini, tambah Dandim, merupakan bukti Pemerintah Desa SBBL bisa memberdayakan seluruh masyarakatnya dalam mengeksploitasi potensi sumber daya alam dengan sistem manajemen yang baik.

Hutan mangrove memiliki fungsi sebagai wahana pengendapan lumpur di akar-akarnya sehingga dapat mencegah terjadinya instrusi air laut ke daratan. Selain itu, menjadi tempat berkembang biaknya berbagai ekosistem laut.

“Karena itu lah, menyadari fungsi penting hutan mangrove, kami di Kodim 1201 Mempawah akan mendukung seluruh upaya pelestarian lingkungan. Semoga bakti sosial penanaman mangrove ini bermanfaat bagi anak cucu kita di masa mendatang,” harap Dandim.

Penulis : Dian Sastra
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini