Kapolres Mempawah Latihan Menembak di Markas Marinir TNI-AL

Editor : Suhendra Yusri
Kapolres Mempawahh, AKBP Tulus Sinaga membidikkan pistol ke papan sasaran tembak di Markas Marhalan  TNI AL di Desa Kuala Secapah, Mempawah Hilir.

Mempawah (Suara Kalbar)-Untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan menembak, Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, menggelar latihan di Lapangan Tembak Marhalan (Marinir) TNI-AL, Desa Kuala Secapah, Kecamatan Mempawah Hilir, Selasa (29/9/2020).

Paur Humas Polres Mempawah, Bripka Susworo Putu Sastro, menjelaskan, dalam kegiatan ini Kapolres Tulus Sinaga turut didampingi Wakapolres Kompol Bermawis dan Danyon Marhalan, Letkol Marinir Sofian C.U.

“Sementara personel Polres Mempawah yang mengikuti latihan menembak berjumlah 84 orang. Senjata api genggam yang digunakan adalah jenis Revolver S&W HBM 4” sebanyak tujuh pucuk dan HS 4” sebanyak 5 pucuk,” kata Susworo. 

Terkait dengan situasi pandemi Covid-19, maka sebelum pelaksanaan latihan menembak dilakukan pengukuran suhu tubuh, menjaga jarak, mengenakan masker serta mencuci tangan dengan cairan antiseptik. 

Kemudian, dua instruktur menembak Polres Mempawah, Iptu Djamaludin dan Ipda Pinardi memberikan arahan terkait sistematika latihan, keamanan, dan keselamatan serta pemanasan sebelum latihan menembak digelar. 

“Latihan menembak selanjutnya didahului dengan latihan kering, menggunakan amunisi dengan jarak tembak 15 meter dan 20 meter menggunakan teknik single action serta double action,” jelas Susworo lagi. 

Setiap personel diberikan 25 butir peluru. Lalu data hasil pelaksanaan latihan menembak dihimpun sebagai bahan evaluasi selanjutnya.

Para personel Polres Mempawah yang ikut serta terdiri atas para kabag, kasat opsnal, perwira staf, kapolsek jajaran, kanit sabhara, personel reskrim, intel serta personel pemegang senjata api inventaris dinas.

Dalam kesempatan itu pula, Kabag Sumda Kompol Abdullah menyampaikan arahan agar latihan ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan keterampilan menembak. 

“Kabag Sumda juga berharap, agar personel Polres Mempawah dapat secara rutin menjaga, merawat dan mengamankan senpi serta tidak menyalahgunakan senpi di luar prosedur,” tutup Susworo. 

Penulis : Dian Sastra


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini