Kandungan Covid-19 dari Luar Kalbar Capai 15 Juta Virus, Sutarmidji : Kepala Daerah yang Tak Tau Bagus Diam

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Gubernur Kalbar Sutarmidji
Pontianak (Suara Kalbar) - Tingkat kesembuhan rata-rata Nasional terhadap kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 72 persen dan 4,32 persen untuk angka kematian.

Kalimantan Barat untuk tingkat kesembuhan mencapai 85 Persen lebih sementara tingkat kematian di angka 0,9 persen.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengatakan yang harus dipahami masyarakat yaitu sampai virus ditemukan obatnya tetap harus gunakan masker.

"Karena satu-satunya yang bisa menghindari keterjangkitan saat ini hanya  cuci tangan, jaga jarak dan gunakan masker," ungkapnya kepada wartawan usai menghadiri pertemuan Gubernur se-Indonesia secara Virtual diruang Analytic Room Kantor Gubernur Kalbar, Selasa (1/9/2020).

Sesuai dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo, Bang Midji menjelaskan bahwa kandungan swab dari luar Kalbar jika masyarakat terjangkit tingkat kandungan virus sampai 15juta copies virus.

"Sementara satu virus jika terjangkit dari luar Kalbar kandungannya 15 juta copies virus, satu copies virus kandungannya 225ribu, kalau untuk keterjangkitan lokal, satu virus lokal 150 hingga 300 copies virus sehingga cenderung penangananya berat dan lebih lama dan mudah menjangkitkan orang lain," tuturnya.

Terkait akan kandungan virus yang dibawa dari luar Kalbar, orang nomor satu di bumi khatulistiwa itupun menyayangkan jika ada salah satu kepala daerah yang menganggap enteng virus tanpa mengetahui jenis kandungan dari atau luar Kalbar yang sangat berbahaya tersebut.

"Kalau ada kepala daerah yang mengatakan sembuh dalam 10 hari itu jika transmisi lokal. Tapi jika dari luar pengalaman kita 24 hari dengan melewati masa kritis. Maka jangan sembarangan karena harus tau virus jenis yang mana. Jadi kalau taktau bagus tak usah ngomong daripada justru sengsarakan rakyatnye," pungkasnya.

Penulis: Yapi Ramadhan
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini