Kakanwil Kemenkumham Kalbar Kunker Ke Sanggau

Editor : Suhendra Yusri
Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalbar, Pramella Yunidar Pasaribu didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM dan Kepala Divisi Administrasi melakukan kerja ke Kabupaten Sanggau, Kamis (17/9/2020).

Sanggau (Suara Kalbar) -Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalbar, Pramella Yunidar Pasaribu didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM dan Kepala Divisi Administrasi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sanggau, Kamis (17/9/2020). 

Selain mengunjungi kantor kantor di bawah naungan kemenkumham seperti Rupbasan, Imigrasi dan Rutan Sanggau Kunjungan kerja tersebut juga ke Kantor Bupati Sanggau.

Tiba di Kantor Bupati  rombongan disambut Bupati Sanggau, Paolus Hadi,  Asisten I Setda Sanggau, Yakobus dan pejabat lainnya. Kemudian, hadir juga Kepala Imigrasi Kelas II TPI Sanggau, Alberthus Santani Fenat, Kepala Rutan Kelas II B Sanggau, Acip Rasidi, Kepala Rupbasan Sanggau, Nurwan.

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalbar, Pramella Yunidar Pasaribu menyampaikan bahwa kedatangan mereka ke Sanggau adalah menyatakan kehadiran Kememkumham di Sanggau ini untuk bisa berdampingan dengan Kabupaten Sanggau dalam rangka sinergitas dan kolaborasi.

"Satu hal dari keberadaan kami disini adalah bagaimana mengangkat daripada indikasi geografis yang ada di Kabupaten Sanggau. Dan kami mengapresiasi apa yang menjadi buah pemikiran dari bapak bupati Sanggau yang mampu untuk berusaha untuk memberikan contoh kepada masyarakat bahwa hak cipta yang sudah Bapak Bupati sampaikan kepada kami yaitu lagu mars Kota Sanggau yang mendapatkan pendaftaran kekhususan dari kami sebagai hak kekayaan intelektual, itu yang pertama,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga mengajak peran serta pemerintah daerah untuk bersama-sama dalam rangka untuk bagaimana mengangkat indikasi geografis yang ada di Kabupaten Sanggau.

"Contohnya itu adalah seperti dari segi makanan yang menjadi ciri khas daripada Kabupaten Sanggau untuk didaftarkan pada kami agar tidak menjadi hilang. Dan menjadi ini adalah ciri khas dari Kabupaten Sanggau,"ujarnya.

Kemudian yang ketiga adalah bahwa pengharmonisasian rancangan peraturan daerah yang sudah diundangkan pada bulan Desember 2019, Kami mengajak kepada Bupati Sanggau untuk bisa bersama-sama bahwa pelaksanaan 

Pengharmonisasian yang seyogyanya itu adalah dilakukan oleh Kemenkumham dimana nanti bisa terpantau secara real time didalam pelaksanaannya.

"Dan bagaimana ini bisa dikompilasi aturan ini dalam sepanjang setahun apa yang sudah diusulkan kepada kami, Karena selama ini masih bentuknya manual,"ujarnya.

Kemudian, pihaknya juga mengapresiasi bahwa Bupati Sanggau sudah melakukan sinergitas dan kolaborasi untuk bagaimana supaya teman-teman kami yang ada di Rutan Kelas II B Sanggau, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau dan Rupbasan Sanggau, peran Bupati sangat besar sekali. 

"Karena masyarakat yang ada di Rutan Sanggau ini yang akan kembali ke masyarakat ternyata Pak Bupati juga banyak membantu dengan seluruh kegiatan kerja dan juga terbentuknya Pos Bapas Sanggau yang menjadikan mediasi tertentu kepada masyarakat di Kalbar ini. Lalu di Kantor Imigrasi pun juga  demikian karena kami tidak bisa hadir sendirian tanpa bisa bergandengan tangan dengan Pemda setempat," katanya.

Sementara itu, Bupati Sanggau Paolus Hadi hari ini kita kedatangan ibu Kakanwil Kemenkumham Kalbar dan rombongan dan ada beberapa hal yang disampaikan.

"Yang pertama memang saya bangga sekali akhirnya hak cipta untuk Mars Kota Sanggau sudah diterbitkan oleh Menkumham, karena memang hak cipta ini menjadi penting, dan saya kaget juga langsung Ibu yang bawa,"katanya.

Di Sanggau ini banyak yang harus didorong, termasuklah batik Sabang Merah, Logonya, kemudian makanan."Itu sedang kita susun yang akan kita dorong untuk didaftarkan ke Kemenkumham,"jelasnya.

Selain itu juga, kata PH sapaan akrabnya, selama ini kan pemda merancang Perda. “Kita perlu nasehat dari Kementrian dalam hal ini Kemenkumham, Untuk itulah Kekanwil punya inovasi yakni satu sistem yang dikembangkan yang dikerjasamakan dengan Pemerintah yaitu lebih kepada elektronik IT. Tapi kontrolnya akan bisa mudah, karena selama ini kami kesulitan karena dia berbentuk dokumen-dokumen yang mungkin tidak bisa cepat kita lihat. Dan itu sudah kita kerjasamakan, saya tadi MoU dengan Ibu,"ujarnya.

Kemudian yang berikutnya, kata PH, bahwa pemda bermitra dengan instansi yang dibawah Kemenkumham di Kabupaten Sanggau. "Kita banyak bantu juga, kita dorong. Contoh Rutan kita, disana sudah over kapasitas, Paling tidak kalau begitu mandi mereka tidak terganggu, kita bantu air. Dan itu mendapat apresiasi dari Ibu Kakanwil,"jelasnya.

PH pun kembali mengungkapkan kesenangannya, baginya ini sejarah karena untuk pertama dirinya menerima Kakanwil Kemenkumham di Kantor Bupati Sanggau ini.

Penulis   :  Darmansyah/R


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini