Jambore Genre dan pengukuhan Saka Kencana Sintang

Editor : Diko Eno
Pengurus Saka Kencana dan Ketua Kwarcab Pramuka Sintang.
Sintang(Suara Kalbar) Jambore Generasi Muda Berencana (Genre) Kabuapaten Sintang dirangkai dengan upacara pelatikan pengurus cabang Genre masa bakti 2020-2022 dan pelantikan pengurus Saka Kencana Kwarcab Sintang masa bakti 2020-2025 berlangsung hikmat dan penuh makna di Aula rumah dinas Bupati Sintang, Rabu (02/09/20).

Kegiatan dihadiri sekitar seratusan peserta dari insan-insan pramuka di Kabupaten Sintang yang berasal dari delapan saka dan Perwakilan pangkalan Gudep di tingkatan penegak dan pandega se kota sintang.

Salah satu sasaran utama Gerakan muda berencana(Genre) adalah pembimbingan karakter anak masa kini yang dinilai rawan dengan hal-hal kenakalan remaja, pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkoba. karena dimasa keterbukaan informasi dan komunikasi saat ini ikut andil mewarnai dalam pembentukan karakter anak remaja dan segala hal-hal negatif bisa saja terjadi kepada remaja yang sedang mencari jati diri mereka.

Genre hadir guna mengarahkan perilaku remaja ke arah positif penuh kreatifitas. Hal tersebut disinggung oleh Ketua Kwar Cab Gerakan Pramuka Kabupaten Sintang, H. Junaidi, dalam kata sambutannya, dihadapan sejumlah tamu undangan saat itu.

ketika ditemui awak media, disela sela jalannya acara Jambore, Junaidi mengatakan bahwa saat ini setidaknya ada sekitar delapan kepengurusan Saka yang sudah ada dan dilatik di Kabupaten Sintang.


"Pelantikan pengurus saka Kencana dibawah Dinas BKKBN perempuan dan perlindungan anak masa bakti duaribu dua puluh sampai dua ribu dua lima dirangkai dengan Jambore Genre. Sekitar seratus lima puluhan anggota pramuka yang hadir," kata Junaidi.

 Junaidi mengungkapkan bahwa, fokus tugas saka Kencana adalah membina membimbing generasi muda penegak dan pandega dalah hal kualita sebagai perpanjagan tangan pemerintah di generasi muda dalam memberikan pengetahuan tentang keluarga berencana, berperan didalam kegiatan kemasyarakatan.

 "Anak muda yang diinginkan adalah anak muda yang memiliki kredibilitas, kreatifitas, memiliki ilmu pengetahuan, ketangkasan yang kita harapkan mampu membangun diri sendiri, membangun keluarga, membangun masyarakat dan negara. Sebagai calon-calon pemimpin masa depan. Hakekat gerakan pramuka adalah insan yang berkarakter," jelasnya.

Karakter remaja pramuka, lanjut Junaidi, sebenarnya sudah dibentuk disetiap tingkatan-tingkatan, dari kelompok pramuka Siaga, pengalang, penegak dan pandega. Namun perlu ditingkatkan dari generasi ke generasi. Sehingga diharapkan mereka tidak terpengaruh dengan hal-hal negatif menghayati trisatya dan dasa darma pramuka.

" Dilandasi dengan Ketuhanan, cinta alam dan kasih sayang dan dikunci dengan suci dalam perkataan dan perbuatan. Jadi diharapkan mereka tidak terpengaruh dengan hal-hal negatif, bahkan mampu menarik orang yang melakukan perbuatan negati ke hal-hal positif," ujarnya.

Junaidi berharap dengan dibentunya Saka-Saka yang ada, lengkap kepengurusan nya, dapat berperan serta melakukan kerja nyata dan berdampak sesuai tugas dan pungsinya masing-masing .

"Kalau saka Bayangkara, misalnya, bagaimana kantibmasnya berjalan, anak-anak dapat digiring dibina. Berperan aktif dalam pembinaan karakter generasi muda sehingga yang kita inginkan adalah generasi muda terbaik," tutupnya.




Penulis:Hendriyono
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini