HUT Polwan ke-72 Diperingati Secara Virtual di Polres Mempawah

Editor : Redaksi
Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga bersama Ketua Bhayangkari Cabang Mempawah, Wiwik Tulus Sinaga dan PJU Polres Mempawah mengikuti Upacara Hari Jadi Polwan ke-72 secara virtual yang dipimpin Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono | Suarakalbar: Dian Sastra.
Mempawah (Suara Kalbar)-Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, menghadiri upacara virtual dari Mabes Polri dalam rangka Hari Jadi Polisi Wanita (Polwan) ke-72 di ruang Vicon Polres Mempawah, Selasa (1/9/2020).

Selain Kapolres, tampak hadir Ketua Bhayangkari Cabang Mempawah, Wiwik Tulus Sinaga, para PJU Polres Mempawah, perwakilan Bhayangkari, koordinator dan perwakilan Polwan Polres Mempawah.

Dalam kegiatan ini, dilaksanakan pemutaran video selayang pandang Polisi Wanita Indonesia dan Polwan berprestasi. Dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada perwakilan Polwan yang berprestasi oleh Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Dalam sambutannya, Gatot Eddy Pramono menegaskan, Polwan memiliki kesempatan yang sama dengan polisi laki-laki dalam menempati jabatan strategis. Karenanya, ia meminta agar Polwan senantiasa bekerja dengan baik.

Menurut Gatot, saat ini ada sekitar 24.500 Polwan yang tersebar di seluruh Indonesia, di antaranya ada tiga Polwan yang berpangkat jenderal bintang satu hingga bintang dua. Banyak posisi strategis di tubuh Polri dijabat oleh Polwan.

“Dalam kesempatan ini, saya berpesan agar Polwan selalu bekerja dengan baik untuk masyarakat. Hanya dengan kinerja yang baik, masyarakat akan memberikan apresiasi dan penghargaan,” imbuhnya.

Usai sambutan Wakapolri, upacara HUT Polwan ke-72 dilanjutkan dengan dialog interaktif secara langsung dengan Polwan yang berprestasi di Polda dan Polres Jajaran. Kemudian, ditampilkan persembahan hasil karya lima Srikandi Polisi Wanita yang yang dituangkan dalam sebuah buku dengan judul “Polwan untuk Negeri”.

Upacara diakhiri dengan ramah tamah dan pemotongan tumpeng yang dilaksanakan oleh Wakapolri Gatot Eddy Pramono.

Sementara di Mapolres Mempawah sendiri, secara internal digelar acara syukuran di ruang Rupatama, yang dihadiri Kapolres Tulus Sinaga, Ketua Bhayangkari Cabang Mempawah, Wiwik Tulus Sinaga, Wakapolres Kompol Bermawis, para PJU Polres Mempawah, kasat dan kasi dan para kapolsek di jajaran Polres Mempawah serta para Anggota Bhayangkari dan Polwan.

Polwan Polres Mempawah hingga saat ini berjumlah 31 orang, yang terdiri dari 2 perwira dan 29 bintara, dengan rincian 27 Polwan berdinas di Polres Mempawah dan 4 Polwan berdinas di Polsek jajaran.

Dalam laporannya, Koordinator Polwan Polres Mempawah, Ipda Lidwina, mengungkapkan, pada peringatan Hari Jadi Polwan ke-72 telah dilaksanakan sejumlah kegiatan. Yakni bakti sosial Polwan yang dilaksanakan pada 6, 12 dan 18 Agustus 2020 dalam bentuk penyerahan 80 paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kemudian, donor darah, gaktibplin, penanaman 750 bibit mangrove di pantai wisata Mangrove Park Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir. Dan diakhiri dengan bedah rumah Ibu Nurayeh bertempat di RT.022/RW.006 Desa Antibar, Kecamatan Mempawah Timur, bekerja sama dengan Personel Polres Mempawah.

Kapolres Tulus Sinaga dalam sambutannya mengucapkan Selamat Hari Jadi Polwan ke-72 tahun 2020 kepada Polwan Polres Mempawah. Ia berharap, sebagai Polwan yang terbesar di negara berkembang, hendaknya harus menjadi wanita yang hebat dan tangguh.

“Karena telah diberikan kesetaraan dengan polisi laki-laki, maka Polwan Polres Mempawah harus tetap berkarya dan perlihatkan kepada dunia bahwa Polwan adalah penggerak. Jaga marwah sebagai anggota Polwan,” ujar Kapolres berpesan.

Penulis : Dian Sastra
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini