Hujan Semakin Deras, Gang Tanjung Pinyuh Terendam

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Genangan air di Gang Tanjung Kelurahan Sungai Pinyuh yang terendam air dan sudah masuk di rumah warga
Mempawah (Suara Kalbar) - Awal bulan September ditandai dengan curah hujan tinggi yang mengguyur hampir seluruh wilayah Kabupaten Mempawah. Sejumlah desa dan kelurahan dilaporkan terendam air hingga ke rumah-rumah.

Di Kelurahan Sungai Pinyuh, genangan air cukup tinggi tampak di Jalan Seliung, tepatnya di Gang Tanjung, RT. 002/RW. 002.

Ketua Forum Ketua RT Kecamatan Sungai Pinyuh, Suparman, ketika dihubungi, membenarkan adanya genangan air yang cukup tinggi di Gang Tanjung.

“Sejak hujan lebat sepekan terakhir, warga Gang Tanjung sudah berkemas-kemas memindahkan perabotan karena sejumlah rumah telah kemasukan air. Jika hujan semakin lebat, mungkin semua rumah terendam,” kata Suparman.

Menurutnya, pemerintah daerah dan DPRD Mempawah hendaknya memberikan solusi efektif mengatasi banjir agak tak terjadi setiap tahun. 

“Jadi bukan hanya memberikan bantuan sembako, tapi ada solusi agar saat hujan lebat mengguyur, aliran air lancar dan tak menggenangi rumah warga,” imbuhnya.

Menurutnya, genangan air yang terjadi karena saluran air atau drainase yang ada di kawasan pemukiman, tidak berfungsi dengan baik. Bahkan ada drainase yang tersumbat dan tertutup oleh bangunan.

Sebagai mitra pemerintah, Forum Ketua RT se Kecamatan Sungai Pinyuh, berharap adanya aksi dari pemerintah daerah dan DPRD agar permasalahan genangan air ini tak berlarut-larut dirasakan masyarakat.

Penulis : Dian Sastra
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini