Harisson : Tjhai Chui Mie Positif Covid-19, Dinkes Singkawang Gencar Swab Pejabat Setempat

Editor : Suhendra Yusri
Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Kalbar, Harisson  saat konferensi pers, Jumat (4/9/2020).
Pontianak (Suara Kalbar) –  Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Kalbar, Harisson mengungkapkan Dinas Kesehatan Kota Singkawang melakukan tracking  dan Swab terhadap orang yang melakukan langsung dengan Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie (TCM)  serta para pejabat dan keluarga dari TCM.

Hal ini dilakukan lantaran Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, dan tiga anggota keluarganya, dua anak dan suaminya serta dua orang asisten rumah tangga dan satu orang supirnya terkonfirmasi Covid-19 pada Kamis (3/9/2020).

 “Jadi Dinas kesehatan Kota Singkawang terus menerus akan melakukan tracking kepada kontak dan akan melakukan pengambilan Swab terhadap pejabat pejabat atau kontak dari keluarga untuk dilakukan pemeriksaan PCR,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Kalbar, Harisson kepada wartawan, Jumat (4/9/2020).

Dia menjelaskan bahwa Dinas Kesehatan Provinsi akan mendukung, sebab kemampuan TCM Singkawang ini terbatas di rumah sakit dan kalau sampelnya banyak itu akan maka sampelnya akan diperiksa di PCR laboratorium Untan.

Sebelumnya, kata Harisson,  pihak rumah sakit telah memeriksa tiga orang yang terdeteksi duluan yakni satu orang supir, dan dua orang asisten rumah tangga.

“Supir ini mengalami demam kemudian kehilangan penurunan indera penciuman dan indera pengecapan, lalu diperiksa ke RSUD dr Abdul Aziz bersama dua asisten rumah tangga. Nah hasilnya pada tanggal 2 September itu ada 3 kasus konfirmasi,” jelasnya.

Selanjutnya pihak rumah sakit  langsung melakukan pemeriksaan terhadap Walikota Singkawang dan keluarganya serta beberapa pejabat.

“Setelah itu pada tanggal 3 September Rumah Sakit Abdul Aziz langsung melakukan pemeriksaan terhadap ibu Walikota dan keluarganya beserta beberapa pejabat yang beberapa hari ada kontak dengan ibu Walikota. Tetapi hasilnya yang kasus konfirmasi itu adalah ibu Walikota, suami dan dua anaknya,” ungkapnya.

Harisson mengabarkan pada saat pemeriksaan kondisi badan Tjhai Cui Mie ada gejala demam, akan tetapi, saat ini Walikota Singkawang dalam keadaan lebih enak.

“Keadaan ibu walikota sendiri saat ini dalam keadaan sehat dan kita berdoa supaya ibu walikota beserta keluarganya tetap sehat dan virus yang ada ditubuh ibu walikota dan keluarganya akan cepat hilangnya,” harapnya.

Penulis    : Yapi Ramadhan

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini