Gaya Polisi Jongkat Sosialisasi Pemakaian Masker Bikin Warga Tersenyum Simpul

Editor : Suhendra Yusri
Gaya personel Polsek Siantan, Polres Mempawah ketika berpartisipasi mensosialisasikan protokol kesehatan dalam bakti sosial HUT ke-24 PT GMI di Jongkat, Rabu (16/9/2020).
Mempawah (Suara Kalbar)-Banyak jalan untuk mencuri perhatian warga maupun pengguna jalan raya agar timbul kesadaran mengenakan masker.

Misalnya, cara unik yang digunakan personel Polsek Siantan, Polres Mempawah, ketika berpartisipasi dalam Bakti Sosial peringatan hari jadi Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI) ke-24 di Kecamatan Jongkat, Rabu (16/9/2020) pagi.

Dalam bakti sosial PTGMI itu, dilaksanakan aksi turun ke jalan untuk mensosialisasikan Peraturan Bupati Nomor 50 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum Protokol Kesehatan
sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Sasaran bakti sosial PTGMI ini adalah masyarakat dan para pengguna jalan di Kecamatan Jongkat agar disiplin dan patuh menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah,” ungkap Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono.

Mereka yang terlibat dalam aksi ini, tambah Kapolsek, cukup banyak. Misalnya, Sekcam Jongkat, Ngadiharti, Wakapolsek Siantan, Ipda Eri Nurnahar, jajaran pengurus DPD PTGMI Kalbar, Basirun, dan DPC PTGMI Mempawah, Erna Suryani.

Kemudian, Kepala KUA Jongkat, Basirin, Kepala Puskemas Wajok Hulu, Mugi Narsih, Staf Desa Jungkat dan Peniti Luar, Remaja Masjid Shahibul Kahfi Desa Jungkat, Laskar SAYD Desa Wajok Hulu, PMI Jongkat, Staf Kecamatan Jongkat, Anggota Polsek dan Koramil Jongkat.

“Bakti sosial dilaksanakan dalam bentuk pembagian dan kampanye penggunaan masker, sekaligus sosialisasi Perbup Nomor 50/2020 kepada masyarakat di Terminal Jungkat, pasar Pangkalan Mas Jungkat, pengendara dan pengguna jalan yang melintas di Jalan Raya Jungkat,” beber Rahmad Kartono.

Yang bikin pengguna jalan tersenyum simpul adalah gaya seorang personel Polsek Siantan yang membawa alat peraga kampanye pemakaian masker. Seraya berdiri di tengah-tengah jalan, polisi ini tampak bersemangat mengajak para pengguna jalan agar mematuhi protokol kesehatan.

“Begitu lah cara kami dalam menyampaikan imbauan agar kesadaran masyarakat dapat ditingkatkan. Dengan alat-alat peraga dan ide-ide kreatif agar bisa mencuri perhatian. Tak hanya itu, kami juga gencar melaksanakan sosialisasi ke pemukiman warga, pusat aktivitas atau keramaian serta melalui media sosial,” ujar Kapolsek lagi.

Ia berharap, imbauan yang disampaikan dengan berbagai cara humanis ini dapat menggalang partisitipasi aktif masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Kecamatan Jongkat.

Penulis : Dian Sastra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini