Gawat, Muncul Klaster Baru, Klaster Munzalan Sungai Raya Dalam

Editor : Suhendra Yusri
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harrisson
Pontianak (Suara Kalbar) - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat kembali mengumumkan kasus baru konfirmasi Covid-19 diwilayah Kalbar. Diantara 19 kasus baru terkonfirmasi Covid-19, ada 4 orang merupakan klaster baru dari Munzalan di Sungai Raya Dalam.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Untan ,dari Mobile PCR Sintang dan dari TCM Soedarso pada tanggal 15 September 2020 terdapat tambahan 19 orang kasus konfirmasi baru. Ada satu klaster baru yaitu klaster dari Munzalan di Sungai Raya Dalam,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harrisson kepada awak media, Rabu (16/9/2020).

Dia menjelaskan, untuk klaster munzalan ini ada 4 orang, empat orang ini satu berdomisili di Pontianak, dua di Kabupaten Kubu Raya dan satu orang di KTP nya asal Samarinda Kalimantan Timur, sehingga Dinas Kesehatan  sudah melaksanakan tracking terhadap klaster Munzalan,” katanya.

Harisson menjelaskan, dari 19 kasus baru ini berasal dari daerah Kabupaten Sintang, Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya,Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang, dan luar wilayah.

“Ini di Sintang 6 orang, Pontianak 5 orang, Kubu Raya 4 orang, Sambas 1 orang, Bengkayang 1 orang dan luar wilayah 2 orang,” bebernya.

Di Kabupaten Sintang sendiri, kata Harrisson,  merupakan tambahan klater Sekolah Seminary di Sintang. Hingga total siswa yang terkonfirmasi Covid-19 di Sekolah Seminari Sintang mencapai 36 orang.

“Dari Sintang ada 6 orang ini merupakan siswa dari Sekolah Seminari di Sintang, ini merupakan klaster sebelumnya. Terhadap 6 orang siswa ini langsung dilakukan isolasi juga di rumah sakit Ade M Djoen Sintang. Jadi seluruhnya untuk Sekolah Seminari ini ada 36 orang siswa yang terkonfirmasi Covid-19 sampai hari ini,” katanya.

Selanjutnya dari Kota Pontianak, salah satunya merupakan ibu dari pasien konfirmasi Covid-19 yang dinyatakan meninggal dunia kemarin.

“Untuk di Pontianak ada 5 orang, salah satunya adalah satu orang yang merupakan Ibu dari pasien kasus konfirmasi Covid-19 yang kemarin meninggal. Nah ini memang ibunya sudah beberapa hari juga dirawat dirumah sakit dr Soedarso,” terang Harisson.

Dari ke 19 orang yang dinyatakan kasus konfirmasi baru ini, satu orang diantaranya merupakan penumpang maskapai penerbangan City Link asal Jakarta.

“Saya juga menyampaikan satu kasus konfirmasi Covid-19 yang merupakan bagian dari 19 orang ini yakni adalah penumpang City Link tanggal 11 September tahun 2020 dengan nomor penerbangan QG 9414 penerbangan dari Jakarta. Penumpang ini KTP nya di Pekalongan Jawa Tengah. Untuk di Pontianak alamat penumpang ini di salah satu ruko di Mega Mall Ayani ,ini sedang di tracking oleh
Dinkes Kota pontianak,” bebernya.

Sehingga berdasarkan data sampai hari ini, total kasus konfirmasi diwilayah Kalbar mencapai 803 orang. Dimana 666 orang dinyatakan sembuh atau sekotar 82,93 persen dan 7 orang meninggal dunia.

Penulis   : Yapi Ramadhan

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini