Empat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Untan Dinyatakan Positif Covid-19

Editor : Suhendra Yusri
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harrisson

Pontianak (Suara Kalbar) – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harrisson kembali mengumumkan tambahan kasus baru terkonfirmasi Covid-19 di wilayah Kalbar pada Jumat (18/9/2020) sebanyak 15 kasus, empat diantaranya Mahasiswa Fakultas Kedokteran Untan.

 “Hari ini berdasarkan pemeriksaan Laboratorium Untan ,TCM Soedarso pada tanggal 17 September tahun 2020 Kalbar mendapatkan tambahan 15 kasus konfirmasi Covid-19,” ujar Harrisson kepada awak media, Jumat (18/9/2020).

Sebanyak 15 orang ini merupakan pasien yang berasal dari daerah Kota Pontianak,Kabupaten Kubu Raya dan Kota Singkawang. “15 Kasus ini di Kota Pontianak ada 5 orang, di Kubu Raya 9 orang dan di Singkawang 1 orang,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk di Kota Pontianak dan Kubu Raya ada yang berdasarkan domisili bukan berdasarkan Kartu Tanda Penduduk (KTP). “Nah untuk Pontianak dan Kubu Raya ini ada juga yang berdasarkan domisili ya,tidak murni berdasarkan KTP,” ujarnya.

Dari kelima kasus konfirmasi Covid-19 di Kota Pontianak, kata Harrisson,  4 orang diantaranya merupakan mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura.

“Untuk Kota Pontianak ada 4 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Untan yang kasus terkonfirmasi Covid-19.  Ini dua orang berasal dari klaster Munzalan, satu orang ini sebenarnya berasal dari Jawa Tengah kuliah di Untan dan tinggal di Sungai Raya Dalam. Kemudian satu lagi mahasiswi juga tinggal di Mempawah dan kuliah di fakultas Kedokteran Untan dan dia berdomisili di Pontianak,” ungkapnya.

Dijelaskannya pula, dua lainnya berdasarkan hasil tracking dan testing yang dilakukan guna mengikuti koas.

“Sedangkan dua mahasiswa yang lain itu sebenarnya kita treacing dan kita testing dalam rangka akan mengikuti kegiatan kepanitraan atau akan mengikuti kegiatan menjadi koas,” sambungnya.

Kemudian Harisson menambahkan, satu orang pasien kasus konfirmasi baru merupakan hasil razia di jalan Budi Karya. Pasien ini beralamat di Kabupaten Kubu Raya.

“Satu orang tambahan itu dari Kubu Raya ini merupakan hasil razia kita di jalan Budi Karya. Seperti diketahui Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar berserta Polresta dan Kodim itu melakukan razia dan satu orang ini kasus konfirmasi Covid-19 yang KTP nya di Kubu Raya,” bebernya.

Disampaikannya pula Kalbar mendapatkan kasus konfirmasi Covid-19 yang berhasil dinyatakan sembuh. Pada hari ini ada 11 orang penderita Covid-19 yang dinyatakan sembuh.

“Pada hari ini juga ada 11 orang kasus konfirmasi yang dinyatakan sembuh. Di Mempawah 5 orang, Ketapang 2 orang, Singkawang 1 orang, Kubu Raya 1 orang, Bengkayang 1 orang dan Kapuas Hulu 1 orang,” katanya.

Jadi berdasarkan data sampai hari ini, total kasus konfirmasi Covid-19 di Kalbar mencapai 840 kasus. Dimana 681 orang berhasil dinyatakan sembuh atau 81,67 persen dan 7 orang dinyatakan meninggal dunia.

Penulis    : Yapi Ramadhan


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini