Empat Golongan ini Akan Dipertandingkan Pada MTQ XXVIII Kalbar di Sekadau

Editor : Suhendra Yusri
Suasana panggung utama Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Kalimantan Barat di Sekadau, Selasa (15/9/2020) malam.
Sekadau (Suara Kalbar) - Ketua LPTQ Kalimantan Barat, Andi Musa mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ khusus yang dilaksanakan di Sekadau hanya akan digelar 1 cabang yang terdiri dari 4 golongan. Hal ini tidak terlepas bahwa sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan pendahuluan secara terpisah di Pontianak secara faktual dan virtual.

Untuk pelaksanaan secara faktual ada tiga cabang yaitu cabang syarhil atau lomba pidato, fahmil atau lomba cerdas cermat Al Qur'an dan cabang khath atau lomba tulisan indah telah dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 7-9 September 2020 lalu.

Sedangkan pelaksanaan secara virtual juga telah dilaksanakan dari tanggal 7-13 September 2020 yaitu cabang tilawah dan cabang hifzil qur'an hadist. Khusus pelaksanaan di Sekadau hanya ada 1 cabang yang akan dilombakan yaitu cabang tilawah putra maupun putri.

"Satu cabang selain yang telah dilaksanakan di Pontianak yaitu tilawah dewasa, tilawah remaja, tilawah anak-anak dan tartil, hanya itu yang di Sekadau," katanya.

Mengingat hanya 4 golongan yang diperlombakan, kata Andi Musa, jadi jumlah peserta dari tiap kafilah berjumlah 8 orang yaitu 4 orang putra dan 4 orang putri serta 2 orang pendamping.
Jadi total per kafilah yang boleh ikut dalam MTQ ke XXVIII di Sekadau hanya 10 orang dengan total keseluruhan sebanyak 140 orang dari 14 Kabupaten/Kota.

Setiap peserta maupun pendamping wajib melakukan rapid test yang dibuktikan dengan surat keterangan sebagai salah satu syarat bisa ikut serta dalam kegiatan.

"Bagi peserta maupun pendamping yang belum melaksanakan rapid test, panitia lokal sudah menyiapkan," pungkasnya.

Andi Musa menyebut jika dilaksanakan secara normal akan diikuti sebanyak 965 orang. Belum lagi ditambah penggembira dari tiap kafilah. Namun karena pandemi mengakibatkan semuanya dibatasi.
MTQ ke XXVIII tingkat Provinsi Kalbar di Sekadau akan dibuka secara langsung oleh Gubernur Kalbar H. Sutarmidji pada Rabu ,16 September 2020 malam.


Penulis : Tambong Sudiyono

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini