Bupati Sanggau: Perbup 39 Tahun 2020 Lindungi Petani

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Bupati Sanggau Paolus Hadi
Sanggau (Suara Kalbar) -  Pemerintah Dearah Kabupaten Sanggau sangat konsen melindungi petani. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan Peraturan Bupati nomor 39 tahun 2020 tentang tata cara pembakaran lahan pertanian terbatas dan terkendali berbasis kearifan lokal.

Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan bahwa tujuan Perbup ini adalah untuk memberikan kepastian hukum kepada petani tradisional untuk membuka lahan dengan cara membakar berbasis kearifan lokal dan juga sebagai upaya kita mencegah kebakaran lahan di luar areal yang diperuntukkan untuk pertanian.

"Dalam berladang para petani diminta mematuhi Perbup nomor 39 tahun 2020 yang didalamnya terdapat tahapan - tahapan yang wajib dilaksanakan saat membuka lahan. Dalam aturannya jelas, kalaupun mereka (petani) berladang ada tahapan - tahapan yang harus dilewati," tambah Paolus.

Dikatakannya petani yang membuka lahan dengan cara membakar yang telah mematuhi semua tahapan-tahapan yang ada, tidak boleh diproses hukum dengan hukum negara, melainkan melalui hukum adat setempat.

"Ya, aturannya seperti itu. Diproses hukum adat dulu dia," pungkas Paolus.


Penulis :Darmansyah
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini