Bupati Sanggau Lepas 25 Dokter Internship

Editor : Suhendra Yusri
Bupati Sanggau, Paolus Hadi melepas 25 dokter internship yang telah menyelesaikan masa magangnya di Bumi Daranante Kabupaten Sanggau di Kantor Bupati Sanggau, Kamis (3/9/2020).
Sanggau (Suara Kalbar) - Bupati Sanggau Paolus Hadi melepas 25 dokter internship yang telah menyelesaikan masa magangnya di Bumi Daranante Kabupaten Sanggau di Kantor Bupati Sanggau, Kamis (3/9/2020).

Para dokter internship ini telah mengabdi kepada masyarakat di Sanggau selama sepuluh bulan, dari November 2019 hingga September 2020 lebih cepat dari jadwal yang semestinya satu tahun.
Bupati Sanggau menyampaikan pada hari ini melepas 25 dokter intership yang ditugaskan di Sanggau.

“Harusnya mereka 12 bulan, tapi karena situasi Covid-19 jadi mereka 10 bulan di Sanggau. Mereka ditempatkan di dua lokasi RSUD M.Th. Djaman, dan RS Parindu. Berselang beberapa bulan mereka juga ditempatkan di RS Entikong dan Puskesmas Kapuas,” ujar Paolus Hadi.

Dikatakan Paolus dalam pesannya hanya memberi semangat para dokter baru ini yang telah usai bertugas  di Sanggau.

“Bahwa sekaranglah dokter itu teruji betul jiwa korsanya. Janji dokternya, bagaimana kita melihat kebutuhan akan dokter itu penting. Saya berpesan kepada mereka jiwai tugasnya, dengan adanya pandemi ini saya berharap mereka menjadi orang yang semakin dibutuhkan masyarakat,” katanya.

Paolus juga menyampaikan untuk para dokter yang akan kemungkinan mau kembali itu tergantung hak masing-masing mereka. Pastinya Pemkab Sanggau membuka peluang untuk dokter datang ke Sanggau

“Tapi saya juga sudah bilang, kalau ada yang mau balik ke Sanggau silakan. Biasanya kalau sudah minum air kapuas, akan balik lagi. Intinya kita butuh,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting, mengucapkan selamat kepada seluruh dokter intership yang telah menyelesaikan tugasnya itu.

25 dokter tersebut itu berasal dari empat Universitas di Indonesia, yaitu Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) Jakarta, Universitas Muhamadiyah Surakarta, dan Universitas Taruma Negara.

“Kita mengucapkan selamat seluruh peserta dokter intership untuk periode 2019-2020, angkatan keempat sebanyak 25 orang. Mereka sudah melaksanakan program sejak November 2019. Seharusnya selesai November 2020. Tapi karena situasi Covid akhirnya dipercepat,”ujar Ginting.

Ginting mengatakan program dokter intership dilaksanakan setiap tahunnya. Ia memprediksi jumlahnya akan terus bertambah setiap tahun jika situasi normal.

“Kita berterima kasih kepada Kementerian Kesehatan dalam hal ini KIDI (Komite Internship Dokter Indonesia) yang menetapkan kita sebagai wahana penempatan mereka,” kata Ginting.

Melalui Dinas Kesehatan, Pemda Sanggau juga memberikan insentif kepada para dokter tersebut.
“Kita menyiapkan tempat tinggal yang sederhana bagi yang di Puskesmas. Begitu juga kita memberikan insentif sesuai kemampuan daerah. Kalau di RS Rp 2 juta, kalau di Puskesmas Rp 1,5 juta,” jelasnya.

Ginting mengatakan untuk kebutuhan Dokter di Sanggau ini untuk dokter umum, saat ini hanya ada 28 orang di Kabupaten Sanggau.

“Sementara kebutuhannya 38 orang. Itu minimal dan itu untuk pelayanan dasar,” katanya.

Pemkab Sanggau pun berupaya untuk mengantisipasi kekurangan tersebut melalui prekrutan dokter tenaga kontrak, program dokter nusantara sehat, serta pengajuan formasi dari ASN.

“Ini sudah juga kita usulkan melalui Kementerian Kesehatan melalui PPSDM,” ujarnya.

Ginting untuk pelayanan rujukan di RS Temenggung Gergaji yang sampai saat ini belum ada dokter spesialisnya. “Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak begitu lama bisa terealisasi. Karena pemerintah juga menyiapkan biaya kendaraan, rumah dinas, insentifnya, mudah-mudahan diberilah formasi itu,” jelasnya.

“Sebagai pelayanan rujukan, seharusnya minimal ada empat spesialis dasar yang harus ada yaitu spesialis penyakit dalam, kandungan, anak, dan bedah. Harapan kita dokter yang sudah menjalani intership ini, sudah mengenal Kabupaten Sanggau, mereka juga bersedia bekerja sebagai dokter di Kabupaten Sanggau ini,” pungkas Ginting.

Penulis : Darmansyah

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini