Bupati Kayong Utara Tinjau 109 Rumah Warga Dampak Banjir

Editor : Suhendra Yusri
Bupati Kayong Utara, Citra Duani saat meninjau rumah warga terdampak banjir  di Kecamatan Tanjung Satai, Sabtu (26/9/2020).

Kayong Utara (Suara Kalbar)-Bupati Kayong Utara, Citra Duani bersama unsur Forkompinda meninjau langsung warga yang terdampak banjir di Kecamatan Pulau Maya pada Sabtu (26/9/2020).

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Kayong Utara, Citra Duani bersama Kapolres AKBP Bambang SW, LO Dandim Mayor Budi dan Bung Tomo Anggota DPRD Daerah Pemilihan Pulau Maya dan Karimata serta OPD terkait juga meninjau muara air dan pintu air yang menjadi pintu masuk air laut yang berada di Parit Limau Manis.

Peristiwa alam ini diduga disebabkan luapan beberapa sungai akibat curah hujan yang begitu tinggi, akibat banjir tersebut membuat 109 rumah warga tergenang bahkan tanaman padi yang baru ditanam mengalami mati dan ada warga juga yang terpaksa mengungsi karena rumah mereka terendam.

Ada tiga desa yang terdampak parah yakni, Desa Satai Lestari, Desa Kamboja dan Desa Tanjung Satai. Citra Duani sempat berdialog dengan masyarakat mengenai kondisi mereka. "Sudah empat hari air belom surut pak," ujar Amat salah seorang warga.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kayong Utara, Citra Duani juga menyerahkan bantuan dari Pemkab Kayong Utara dan Polres Kayong Utara. 

Bantuan yang diberikan berupa sembako, makanan bayi, alat masak dan perlengkapan tidur. "Saya turut prihatin atas musibah ini, pemkab akan secara maksimal membantu masyarakat," kata Citra Duani.

Selain bantuan untuk penanggulan banjir, Pemkab Kayong Utara juga memberikan bantuan pasca banjir. Salah satunya yakni bantuan bibit padi untuk masyarakat menanam kembali.

Bupati Kayong Utara, Citra Duani menambahkan faktor lain yang membuat air lamanya surut ialah beberapa  pintu air yang ada sangatlah kecil.


Penulis   :  Wiwin


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini