Bawaslu Sekadau Awasi Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Sekadau 2020

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Anggota Bawaslu Sekadau divisi PHL, Tiodorus Sutet.
Sekadau (Suara Kalbar) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sekadau melakukan pengawasan terhadap proses pelaksanaan pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sekadau Tahun 2020. Pengawasan difokuskan pada verifikasi dokumen persyaratan pencalonan dan pengawasan terhadap akses silon di KPU Sekadau.

"Terutama soal dokumen, memenuhi syarat atau tidak. Selain itu juga kita melakukan pengawasan melekat terhadap partai pengusung. Sesuai aturan pasangan calon minimal mendapatkan dukungan 20% dari jumlah kursi yang ada," kata Tiodorus Sutet, Anggota Bawaslu Sekadau, Sabtu (5/8/2020).

Ia juga menegaskan dalam prosesnya partai politik tidak boleh mengusung lebih dari 1 bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati. Jika ditemukan hal yang demikian, maka akan menjadi perhatian khusus bagi Bawaslu Sekadau untuk di tindak lanjut.

Anggota Bawaslu Divisi PHL itu juga mengingatkan agar tidak ada pemalsuan dokumen oleh bakal pasangan calon dan juga dari pengurus partai pengusung.

Selain itu, dimasa pandemi Covid-19 sesuai PKPU 10 Tahun 2020, penerapan protokol kesehatan juga menjadi perhatian Bawaslu. Menurutnya jangan sampai proses pendaftaran menjadi pemicu munculnya kasus baru Covid-19 di Sekadau. Kegiatan dihari pertama pendaftaran berjalan dengan baik dan lancar dan tentunya semua yang hadir telah mematuhi prosedur kesehatan yang ada.

"Mengingat masih dimasa pandemi, kita memastikan penerapan protokol kesehatan sesuai aturan yang ada," ujar Tiodorus Sutet, anggota Bawaslu Sekadau Divisi PHL.

Pendaftaran bakal pasangan calon Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Sekadau dilaksanakan dari tanggal 4-6 September 2020 di kantor KPU Sekadau.


Penulis : Tambong Sudiyonol
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini