Banjir Rendam Toho Ilir, Babinsa dan Warga Gotong-royong Pikul Sepeda Motor

Editor : Diko Eno
Babinsa Toho Ilir, Serka Timotius bersama warga memikul sepeda motor menuju tempat yang aman | Suarakalbar: Diko Eno
Mempawah (Suara Kalbar)-Banjir terus meluas. Kali ini di Desa Toho Ilir, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah. Tinggi air yang mencapai 50 cm di sejumlah titik, membuat sepeda motor tak bisa melintas.

Tapi bagi warga Toho Ilir, itu bukan lah persoalan untuk bisa berpergian dengan roda dua. Solusinya adalah dengan memikul sepeda motor secara bergotong royong.

“Kami bersama warga bergotong-royong memikul sepeda motor yang hendak melintas. Kami buatkan pikulan dari kayu. Lalu motor disangkutkan dan kami pikul beramai-ramai,” kata Babinsa Toho Hilir, Serka Timotius kepada suarakalbar.co.id.

Jarak yang harus ditempuh untuk memikul sepeda motor sekitar 200 meter. Yakni menuju titik jalan yang tidak terendam air. Setibanya di jalan yang sudah aman, pikulan dibuka dan pengendara motor bisa melanjutkan perjalanan kembali.

Menurut Timotius, ide memikul motor di kala banjir, sudah berlangsung sejak dulu. Kondisi jalan yang putus karena terendam air, membuat warga Toho Ilir punya kreativitas agar tetap bisa berpergian kemana saja.

“Kuncinya, harus kompak dan masyarakat tetap dalam kebersamaan. Di sini lah saya memuji masyarakat Toho Ilir yang selalu kompak dalam setiap kondisi,” ujar Timotius lagi.

Penulis : Dian Sastra
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini