817 Rumah Terdampak Banjir di Sungai Purun Kecil, Dinsos Provinsi Berikan Bantuan

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Warga Korban Terdampak Banjir di
 Desa Purun Kecil, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah
Mempawah (Suara Kalbar) - Banjir menggenangi sejumlah kawasan di Kabupaten Mempawah. Salah satu kawasan yang ikut merasakan terkena bencana banjir ini yakni Desa Purun Kecil, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah.


Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Sosial Kalimantan Barat turut memberikan sumbangan kepada korban yang terkena dampak dari banjir tersebut.


Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalbar, Golda M Purba turut hadir dilokasi kejadian untuk melihat kondisi masyarakat di Desa Purun Kecil dan sekaligus memberikan bantuan.

Golda menjelaskan, pihak Dinsos sudah memberikan beberapa bantuan berupa bahan makanan dan juga sandang. Bantuan dari Dinsos langsung diserahkan kepada Kades Desa Purun Kecil.


“Pada saat pandemi ini saudara kita terkena banjir. Kami dari Dinas Sosial memberikan bantuan berupa beras,mie instan,selimut untuk meringankan beban daripada masyarakat di Desa Sungai Purun Kecil sama dengan tim Tagana Dinas Sosial Provinsi Kalbar yang akan diserahkan kepada Pak Kades,” ujar Golda kepada wartawan di Kantor Kepala Desa Sungai Purun Kecil, Senin (7/9/2020).

Pihak Dinsos juga sudah membuka dapur umum dilokasi sejak hari Jum’at . Golda menilai,beberapa item bantuan yang diberikan merupakan bagian penting pada saat situasi saat ini.

“Dan kami sudah meninjau ke lapangan dan kita sudah buka dapur umum sejak dari Jum’at kemarin. Kita harapkan masyarakat disini bisa terbantu dan bisa meringankan bencana. Untuk bantuan yang pertama kita buka bantuan personel, kemudian sapras tentu Tagana ,kemudian bahan bahan berupa beras ,mie instan dan pakaian. Karena hal hal seperti itu yang urgent dalam situasi seperti ini dan kita berharap kedepannya mudah mudahan banjir nya surut,” ungkapnya.

Dia menerangkan bahwa ini merupakan arahan langsung dari Gubernur Kalimantan Barat untuk memberikan bantuan kepada korban bencana banjir ini.

“Jadi kami dapat arahan dari pak Gubernur untuk membantu masyarakat sesuai dari instruksi kami dari Dinas Sosial,” bebernya.

Adapun bantuan yang diberikan hari ini berupa beras 2.734 kilogram, makanan anak 30 dus atau 180 paket serta mie instan sebanyak 60 dus atau 2.400 bungkus.

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Purun Kecil, Zainol Bahri menerangkan, ada 699 rumah yang tergenang banjir di wilayah Desa Sungai Purun Kecil.

“Kita awal kena ada 344 rumah  dan banjir susulan malam sabtu jam 2 malam kita data lagi besoknya terdapat 699 rumah yang terdapat 817 KK didalamnya,” terangnya.


Zainol menjelaskan awal mula banjir datang dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi terjadi diwilayah Desa Sungai Purun Kecil.

“Banjir datangnya mulai kamis dengan kedalaman 40 centi meter sampai 1 meter. Kita dapat telpon dari warga sekitar jam 1 malam bahwa ada banjir naik jadi kita cek ke lokasi bahwa benar banjir naik. Datangnya karena curah hujan yang tinggi ,ditambah lagi banjir kiriman dari hulu dan yang ketiga yang saya tangkap menyempitnya muara sungai kami karena air mengarah kelaut tidak berjalan dan tidak ada nelayan makanya laut kami menjadi tepek karena tidak ada aktivitas nelayan,” ungkapnya.


Ketika setelah mengecek lokasi kejadian, pihak Desa Sungai Purun Kecil langsung melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir tersebut ke Smp N 2 Sungai Pinyuh.

“Langsung pihak desa berinsiatif mencarikan tempat untuk mengevakuasi lalu kita pilihlah Smp 2 ,karena Smp 2 itu tempatnya memadai ada MCK semuanya. Yang untuk di Smp 2 saat ini ada 130 jiwa ,sisanya kita simpan juga ada 12 KK ditempat keluarga dan saudara saudara,” tutupnya.


Penulis : Yapi Ramadhan
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini