78 Orang Ikuti Peningkatan Kader AMPL Desa Lama Tahun 2020

Editor : Suhendra Yusri
Sebanyak 78 orang mengikuti Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kades AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) Desa Lama Tahun Anggaran 2020, Selasa (29/9/2020).

Bengkayang (Suara Kalbar) - Pamsimas  atau Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat District Coordinator Program Pamsimas III Kabupaten Bengkayang melaksanakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kades AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) Desa Lama Tahun Anggaran 2020. Hal itu di sampaikan oleh District Coordinator Program Pamsimas III Kabupaten Bengkayang Meizeren Zain, Selasa (29/9/2020).

Acara dilaksanakan selama tiga hari mulai Senin (28/9/2020) hingga Rabu (30/9/2020) bertempat di Aula Wisma Tuah Raya Jalan Guna Baru Trans Rangkong Kelurahan Sebalo, diikuti oleh 78 orang peserta dari 78 Desa se- Kabupaten Bengkayang sebagai penerima manfaat Pamsimas dari tahun 2014-2020.

"Saat ini, ada 78 desa yang sudah terjangkau progam Pamsimas III Kabupaten Bengkayang Program Pamsimas merupakan salah satu upaya pemerintah dan masyarakat dalam mendukung pencapaian target 100 persen akses air minum dan 100 persen akses sanitasi yang layak di wilayah perdesaan,” ucap Zain.

Dia menjelaskan kader AMPL mempunyai peranan yang penting dalam proses pemberdayaan dan membangun partisipasi masyarakat serta mengawal isu AMPL pada pembangunan Desa. 

Secara lengkap ada dua peran kader AMPL yaitu pertama, menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses pemberdayaan masyarakat dan pembangunan partisipatif melalui perencanaan program Pamsimas. 

“Kedua, mengawal kegiatan keberlanjutan di tingkat masyarakat, serta mengawal isu-isu AMPL dalam proses perencanaan program pembangunan AMPL berbasis masyarakat. Kedua peran ini sangat penting bagi terwujudnya pencapaian 100 persen akses air minum dan sanitasi di desa," jelasnya.

Penulis : Kurnadi


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini