Yohanes Ontot Buka Pelatihan LP3 PKK Tingkat Kabupaten

Editor : Eno
Yohanes Ontot Buka Pelatihan LP3 PKK Tingkat Kabupaten | Suarakalbar: Darmansyah.
Sanggau (Suara Kalbar) –Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot membuka Latihan Pengelolaan Program dan Penyukuhan PKK (LP3PKK) bertempat di ruangan Aula lantai II Kantor Bupati Sanggau, Senin (31/08/2020).

Wakil Bupati Sanggau dalam sambutanya menyambut dengan baik sekaligus mendukung kegiatan pelatihan LP3PKK, dengan harapan pelatihan ini dapat menjadi wadah menempa ilmu pengetahuan dan berbagai informasi terkait gerakan PKK  yang terus menerus mengalami perubahan.

“Pada kegiatan pelatihan ini, akan dibentuk penyuluhan – penyuluhan dan pengelola program PKK dengan harapan ke depan sehingga dapat tercipta penyuluhan dan pengelolan yang berkualitas dan berintegritas,”kata Ontot.

Jika kita tilik secara harapiah arti kata penyuluhan itu sendiri adalah sebagai penerangan, oleh karena itu tentu saja tugas seorang penyuluhan adalah memberikan bimbingan dan penerangan kepada masyarakat agar tentang apa yang belum di mengerti ataupun membimbing orang lain untuk tujuan yang diinginkan dengan cara ceramah, wawancara ataupun diskusi bersama.

“Saya berharap agar para peserta pelatihan LP3 PKK dapat mengikuti seluruh rangkaian pelatihan yang diberikan oleh para nara sumber dengan sungguh – sungguh agar kelak dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang telah didapat lewat pelatihan ini dengan baik kepada masyarakat terkhusus tentang 10 program pokok PKK,”katanya.

Jika berbicara mengenai posisi dan peranan gerakan PKK,  sesungguhnya sudah dapat mengambarkan betapa strategisnya fungsi tim penggerak PKK beserta kader – kader PKK yang tersebar di seluruh pelosok kecamatan hingga ke desa.

“PKK sebagai mitra kerja pemerintah dapat berfungsi sebagai fasilitator, pelaksana, pengendali dan pengerak didalam mendukung terlaksananya 10 program yaitu, penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembanganhidup berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, perencanaan sehat,”ucap Ontot.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejehteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sanggau, Arita Apolina, dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga kedepannya.

“Sebagai mana kita ketahui bersama bahwa LP3 PKK Kabupaten Sanggau Tahun 2020 saat ini merupakan momen yang sangat penting dan strategis terutama dalam kesiapan PKK mendukung program kerja Pemkab Sanggau melalui 7 Brand image Sanggau serta misinya, dengan tema yang selaras dengan tema hari kemerdekaan RI ke 75 Indonesia Maju,”ujar Arita.

“Maka melalui momen ini saya mengajak kita semua untuk betul - betul memikirkan dan serius dalam bekerja terutama PKK Sanggau kedepannya, serta upaya kebersamaan ini untuk terus selalu kita tingkatkan kepeduliannya terlepas dari peran serta khususnya di ruang lingkup PKK baik Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan dan Desa yang menjadi sasaran kegiatan program kemitraan pemerintah tersebut,”tambah Arita.

Dengan melihat kondisi yang ada saat ini, dimasa new normal PKK secara berjenjang secara langsung dilibatkan untuk berperan aktif dalam penanganan dan pencegahan Covid - 19 yang salah satu wujud kegiatannya melalui Gebrak Setengah Miliyar Masker.

“Serta masih banyak hal - hal yang perlu kita persiapkan dan lakukan, agar pelaksanaan kegiatan ini tepat sasarannya sesuai yang kita harapkan, oleh sebab itu saya mengajak kita semua mari kita sukseskan kegiatan ini demi terwujudnya Indonesia maju dan bermartabat,"tutupnya.


Penulis:  Darmansyah/R
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini