Update Covid-19 di Kalbar, 12 Kasus di Sintang, Diantaranya Satu Keluarga

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Ilustrasi Covid-19 | Suara.com
Pontianak ( Suara Kalbar ) - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat kembali mengumumkan tambahan kasus konfirmasi baru Covid-19 di wilayah Kalimantan Barat .

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson menjelaskan ada tambahan 12 kasus konfirmasi Covid-19 di wilayah Kalimantan Barat. 12 Kasus baru ini berasal dari Kabupaten Sintang.

"Untuk tanggal 24 Agustus tahun 2020 itu kita dapat tambahan kasus konfirmasi Covid-19 sebanyak 12 orang. Untuk 11 orang berdasarkan hasil pemeriksaan TCM di Laboratorium Rumah Sakit Ade Muhammad Djoen di Sintang dan 1 orang berdasarkan hasil pemeriksaan Mobile PCR Pemerintah Kabupaten Sintang. Ini transmisi lokal bukan dari luar," ujarnya kepada wartawan, Senin (24/8/2020).

Ia menjelaskan, dari jumlah pasien yang terkonfirmasi Covid-19 pada hari ini, 11 orang merupakan satu keluarga yang terdiri dari suami,istri,anak,mertua,dan ibu serta ipar. Sedangkan 1 orang lagi merupakan hasil penjaringan di Pondok Pesantren di Sintang.

"Yang 11 ini diperiksa di Rumah Sakit Ade Muhammad Djoen di Sintang ini merupakan satu keluarga,jadi ada suami istri,anak,mertua, ibu dan iparnya. Mulanya bapak ini menderita deman batuk dan sesak lalu kemudian di periksa TCM ternyata positif Covid-19,sekarang pasien ini sedang diisolasi. Nah kemudian satu dari Sintang ini merupakan penjaringan di salah satu pondok pesantren di Sintang, yang satu ini asimtomatik dan sekarang juga sedang diisolasi," ungkapnya.

Harisson menuturkan,Dinas Kesehatan Provinsi Kabupaten Sintang langsung sigap melakukan tracing kepada pasien yang terkonfirmasi Covid-19 tersebut.

"Kabupaten Sintang langsung melaksanakan tracing untuk pasien yang kasus konfirmasi . Seperti kasus yang 11 orang ini kan sebenarnya yang kasus konfirmasi hanya satu orang tetapi kemudian di tracing ketemu lagi keluarganya ada 10 orang, jadi 11 orang. Nah yang di pondok pesantren sudah tracing juga dan hasilnya masih ditemukan negatif," tuturnya.

Berdasarkan data sampai saat ini,Harisson menyampai terdapat 578 kasus konfirmasi Covid-19 di Kalbar, dimana 448 orang dinyatakan sembuh dan 4 orang meninggal dunia.

"Sehingga kasus kita pada hari ini total kasus konfirmasi ada 578 orang ,dengan kasus sembuh 448 orang dan 4 orang meninggal dunia," tukasnya.


Penulis: Yapi Ramadhan
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini