Sutarmidji Apresiasi Program Bank Indonesia Majukan UMKM di Masa Pandemi

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Gubernur Kalbar Sutarmidji,bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Agus Chusaini saat melihat salah satu produk UMKM yang dipamerkan pada kegiatan Karya Kreatif Indonesia
Pontianak (Suara Kalbar) - Bank Indonesia melaksanakan program Karya Kreatif Indonesia yang melibatkan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) di tengah masa pandemi saat ini.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji mengapresiasi penuh atas kegiatan ini. Ia menilai karya kreatif yang seperti harus sering terus dilakukan di masyarakat.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia yang terus konsen dalam pembinaan UMKM baik peningkatan kualitasnya maupun manajemen nya. Saya ikuti inkubator bisnisnya," ucapnya saat menghadiri acara ini di Pendopo Gubernur Kalbar, Senin (31/8/2020).

Bahkan diakuinya ada alumni inkubator bisnis BI yang sudah punya tiga perusahaan walaupun omsetnya masih ratusan juta tapi itu bagus.
"Nah karya kreatif yang seperti ini harus sering dimasyarakatkan supaya orang tau," tuturnya.

Kedepannya, Sutarmidji akan melakukan kolaborasi yang akan menggali potensi UMKM di Kalbar. Agar kedepannya bisa dipasarkan sampai ke luar negeri.

"Nanti saya minta akan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat bagaimana kita menggali potensi UMKM yang ada di Kalbar khususnya produk-produk yang kreatif seperti ini untuk kita pasarkan lokal,nasional maupun mancanegara," ungkapnya.

Dirinya akan menyusun strategi dalam memasarkan produk-produk UMKM kreatif yang ada di Kalbar.

"Melalui web web kita maupun data analytic room kita, kita akan coba bagaimana model memasarkannya, mungkin model-model produk ini dipajang ketika saya ikut webinar. Nanti kita cari bagaimana membantu UMKM agar tetap eksis ditengan pandemi dan bahkan harusnya bisa berkembang," bebernya.


Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, Agus Chusaini mengatakan, kegiatan ini merupakan komitmen dalam memajukan UMKM. Agar bisa maju dan bersaing dengan UMKM di nasional maupun internasional.

"KKI ini merupakan salah satu komitmen Bank Indonesia karena kita ingin mengembangkan UMKM. Jadi dari awal kita ingin bahwa UMKM kita bisa maju dan bisa bersaing dengan UMKM bukan hanya nasional tapi di dunia," tuturnya.

Ditengah masa pandemi saat ini, Agus berharap melalui diadakannya kegiatan seperti ini bisa merubah konsep dimasa pandemi ini yang awalnya manual menjadi online.

"Dengan pandemi ini memang kita harus beradaptasi,semoga melalui kegiatan yang dilakukan oleh Bank Indonesia salah satunya lewat KKI harapannya kedepan kita bisa beradaptasi berubah yang biasanya manual juga dilakukan secara online," ungkapnya.


Dia menilai, UMKM yang penasaran dilakukan secara online menjadi lebih baik. UMKM sangat diuntungkan dengan terciptanya peluang untuk menjadi maju.

"Ternyata dengan cara online itu pemasaran bisa lebih baik. Memang untuk kegiatan saat ini diuntungkan dengan kondisi Covid malah itu membuat peluang untuk UMKM agar lebih maju karena mereka punya kreativitas yang lebih dari yang lain sehingga mereka bisa membuat suatu produk yang mungkin belum ada sebelumnya yang kemudian dipasarkan secara online. Artinya bisa mark market nya seluruh dunia," tukasnya.

Penulis : Yapi Ramadhan
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini