Satu Warga Kalbar Positif Covid-19 Meninggal Dunia

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Kadinkes Kalbar Harisson
Pontianak (Suara Kalbar) - Hari ini warga asal Kota Pontianak yang terkonfirmasi Covid-19 dinyatakan meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat menuturkan, pada hari ini pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Soedarso dinyatakan meninggal dunia.

"Pada hari ini tanggal 29 Agustus tahun 2020 terdapat satu pasien kasus konfirmasi Covid-19 yang dirawat di rumah sakit dr Soedarso yang tadi pagi meninggal dunia. Warga Pontianak tersebut bekerja disalah satu Bank," ungkap Harisson kepada wartawan saat konferensi pers di kantor Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Sabtu (29/8/2020).

Harisson menjelaskan, pasien tersebut pernah menghadiri acara resepsi pernikahan yang dimana didalam acara tersebut juga dihadiri keluarga dari Jakarta. Kemudian ia juga bepergian ke Singkawang melaksanakan beberapa acara.

"Almarhum ini sekitar tanggal 8 Agustus ada acara resepsi pernikahan dimana datang juga keluarga dari Jakarta. Kemudian almarhum sempat melaksanakan beberapa acara di Singkawang maupun di Pontianak acara keluarga yang dimana ada keluarga yang dari Jakarta," jelasnya.

Pasien sempat dirawat ke Rumah Sakit Mitra Medika dikarenakan demam dan pulang. Selanjutnya dirawat di RSUD dr Soedarso karena merasakan sesak dibagian dada yang kemudian dinyatakan positif Covid-19.

"Pada tanggal 21 agustus almarhum ini merasa deman kemudian dirawat di Rumah Sakit Mitra Medika dan kemudian tanggal 23 pulang. Tetapi pada tanggal 23 malam almarhum merasa sesak nafas kemudian dirujuk ke rumah sakit dr Soedarso dan dirawat di rumah sakit dr Soedarso dan memang terkonfirmasi kasus Covid-19," ungkapnya.

Saat dirawat di RSUD dr Soedarso, pasien tersebut keadaannya semakin memberat sehingga hari ini pukul 10.34 WIB dinyatakan meninggal dunia.

"Kemudian memberat dan pada hari ini tanggal 29 pukul 10.34 tadi dinyatakan meninggal dunia," bebernya.

Untuk proses penguburan jenazah pasien tersebut Harisson mengatakan dilakukan dengan sesuai protap kesehatan Covid-19.

"Proses pemulasaran jenazah dan penguburan akan dilaksanakan secara prosedur Covid-19," sambungnya.

Harisson menambahkan,pasien tersebut berusia 52 tahun. Pasien juga mengidap penyakit bawaan yakni kencing manis,darah tinggi dan juga jantung.

"Almarhum berusia 52 tahun dan almarhum ini mempunyai komorbit atau penyakit penyerta yaitu diabetes melitus atau kencing manis, penyakit hipertensi darah tinggi dan juga jantung," lanjutnya.

Dinas Kesehatan Provinsi dibantu Dinas Kesehatan Kota Pontianak akan melakukan

"Jadi Dinas Kesehatan Provinsi dibantu dengan Dinas Kesehatan akan mentracing seluruh kontak pasien konfirmasi Covid-19 termasuk pada pasien konfirmasi yang hari ini meninggal. Sebelumnya kita sudah melakukan tracing dan testing terhadap keluarga dari almarhum," tuturnya.

Dengan demikian terdapat 5 kasus konfirmasi Covid-19 di Kalbar yang dinyatakan meninggal dunia.

Penulis : Yapi Ramadhan
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini