Raih Dua Penghargaan, Bupati Kapuas Hulu Dukung Bangga Kencana

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Penghargaan Bangga Kencana dari BKKBN RI yang diwakilkan Kaper BKKBN Perwakilan Kalbar, Tenny Calvenny Soriton di aula rumah jabatan Dinas Bupati Kapuas Hulu
Kapuas Hulu (Suara Kalbar) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Barat memberikan dua penghargaan kepada
Bupati Kapuas Hulu AM Nasir.

Menurut orang nomor satu di Kapuas Hulu itu bahwa dua penghargaan Mangga Karya Kencana (MKK) dan pengelolaan program Bangga Kencana Nasional adalah sebuah proses panjang. Salah satunya berkat Kampung KB Riam Tapang yang sukses menjadi percontohan nasional.

"Banyak perjuangan yang sudah teman-teman OPD dan mitra di Kapuas Hulu lakukan dalam mendukung program Bangga Kencana ini. Artinya penghargaan yang didapat ini tidak secara instan. Ada proses didapat," ungkap Bupati Kapuas Hulu A M Nasir, saat pemberian penghargaan Bangga Kencana dari BKKBN RI yang diwakilkan Kaper BKKBN Perwakilan Kalbar, Tenny Calvenny Soriton di aula rumah jabatan Dinas Bupati Kapuas Hulu, Jumat (14/8/2020) malam.

Dalam penilaian sampai penghargaan ini didapuk Kabupaten Kapuas Hulu tentu kata Nasir ada indikatornya. Selain penilaian kriteria dan administrasi, penilaian kinerja menjadi poin utama dalam penilaian program ini.

Dijelaskan dia, perjuangan dalam menjalankan program Bangga Kencana ini banyak. Salah satunya menjadikan Kampung KB Rian Tapang menjadi percontohan nasional.

Awal ceritanya dulu kata dia, Kabupaten Kapuas Hulu sama sekali tidak memiliki anggaran. "Namun saya yakinkan saja dijajaran saya. Untuk jalankan dulu program ini. Semua OPD saya minta bergerak menjalankan program di Riam Tapang," katanya.

Setelah program tersebut berjalan dan dianggap berhasil. Lanjutnya, muncul berbagai kendala lainnya. Karena menjadi contoh nasional, tamu-tamu dari luarpun banyak dan ingin datang ke sini.

Sementara dulu ditambahkannya untuk menuju ke sana harus menggunakan jalan darat dan akses sungai. Ini menjadi tantangan. Iapun menggerakkan semua lini untuk menyambut para tamu ini dan hasilnya sekarang Desa Riam Tapang semakin baik. Daerah yang terisolasi dan sulit ditempuh sekarang sudah bisa dilalui jalan darat. Selain itu ada banyak program dari masing-masing OPD yang digelontorkan disana.

Penghargaan ini tambah dia dijadikan sebagai motivasi. Khususnya untuk dinas lainnya yang ada di Kapuas Hulu untuk bisa berprestasi di kancah nasional. "Pemda Kapuas Hulu sangat komitmen terhadap pelaksanaan program Bangga Kencana," pungkasnya.

Penulis : Tim Liputan/r
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini