Polres Mempawah Evakuasi Orangutan Berusia 5 Tahun di Kelurahan Tanjung

Editor : Eno
 Kasat Reskrim Polres Mempawah AKP Muhammad Resky Rizal membelai orangutan usai saat dievakuasi |Suarakalbar: Dian Sastra.
Mempawah (Suara Kalbar)-Satuan Reskrim Polres Mempawah berhasil mengevakuasi dan mengamankan seekor orangutan yang diperkirakan berusia 5 tahun dari rumah seorang warga di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Mempawah Hilir, Selasa (25/8/2020).

Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, mengatakan, proses evakuasi hewan primata yang nyaris punah tersebut, berdasarkan informasi dari masyarakat. Polisi mendapat informasi, ada seorang warga berinisial AR di Kelurahan Tanjung, Mempawah Hilir, memelihara orangutan.

“Karenanya, saya menginstruksikan kepada Kasat Reskrim Polres Mempawah, AKP Muhammad Resky Rizal, untuk turun mengecek. Jika benar, saya minta agar hewan yang dilindungi itu segera diamankan, diperiksa kesehatannya dan dikoordinasikan dengan BKSDA Kalbar," tegas Kapolres Tulus.

Selasa (25/8/2020) pukul 15.15 WIB, Kasat Reskrim Muhammad Resky Rizal beserta Kanit Pidsus beserta anggota Pidsus Polres Mempawah pun bergerak ke kediaman AR. Dan ternyata benar, petugas menemukan seorang orangutan yang berusia 5 tahun, berjenis kelamin betina.

Meski dalam kondisi di rantai, orangutan tersebut nampak sangat jinak. Menurut AR, ia sudah tiga tahun memeliharanya. Dengan pendekatan humanis petugas Polres Mempawah, AR bersedia menyerahkan orangutan tersebut.

Menurut Kapolres, usai berhasil dievakuasi, orangutan itu lantas dibawa ke dokter hewan Mempawah untuk menjalani pemeriksaan kesehatan. Hasilnya, dokter menyatakan orangutan itu sehat.

“Langkah selanjutnya, orangutan ini kami amankan di Mapolres Mempawah dengan perawatan ketat oleh Kanit Pidana Khusus Satuan Reskrim sambil menunggu hasil koordinasi dengan BKSDA Kalbar,” tutup Kapolres.

Penulis : Dian Sastra
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini