PMM UMM Meliau Mengedukasi Anak-anak Tentang Pola Hidup Sehat di Tengah Pandemi

Editor : Diko Eno
*Oleh: Fadila Rahma.
Berangkat dari kurangnya edukasi kepada anak-anak tentang cara mencuci tangan dan menggunakan masker yang benar. Padahal dua hal ini teramat penting ditengah pandemic Covid 19 yang sedang mewabah dari bulan Maret sampai saat ini di Indonesia.

Lima mahasiswi yang tergabung dalam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang atau yang disebut PMM UMM mengabdikan dirinya untuk desa Meliau Hulu, Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Dengan bimbingan Bapak Setiya Yunus, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari PMM UMM Kelompok 2 Gelombang 6 di Desa Meliau Hulu ini.

“Mengedukasi anak-anak tentang cara mencuci tangan tangan yang baik dan benar sangatlah penting di masa pandemic saat ini. Karena, anak kecil lah yang seringkali melakukan aktivitas diluar rumah. Tanpa pernah sadar bahwa ada penyakit, virus, kuman atau bakteri yang dibawanya pulang. Maka, untuk meminimalisir hal itu, anak harus tau cara mencuci tangan yang tepat, sehingga kuman, bakteri ataupun virus yang tertempel ditangannya mati” kata  penanggung jawab program kerja edukasi mencuci tangan, Fadila Rahma.
 Edukasi Cuci Tangan. Mahasiswa PMM UMM Meliau Mengedukasi Anak-anak mencuci tangan yang baik | Fadila Rahma.
Mencuci tangan dan menggunakan masker merupakan bagian dari upaya pencegahan penyebaran virus Covid 19 yang sedang mewabah. Dapat kita lihat dari keseharian, mencuci tangan yang benar selama 60 detik dengan menggunakan sabun itu jarang sekali dilakukan oleh masyarakat. Oleh karena itu, mahasiswa PMM UMM Meliau Hulu tidak hanya mengedukasi tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar. Mahasiswa PMM UMM juga memberikan masker secara gratis kepada anak-anak serta mengedukasi tentang pentingnya penggunaan masker saat keluar rumah.
 Bimbingan Belajar.  Mahasiswa PMM UMM Meliau membimbing anak belajar | Fadila Rahma.
PMM UMM Meliau Hulu juga memberikan bimbingan belajar kepada anak Sekolah Dasar, mengingat tidak semua siswa memahami apa yang diajarkan saat pembelajaran online. Selain itu, anak-anak Sekolah Dasar juga dapat menanyakan tentang pelajaran yang tidak diketahui atau dipahami saat pembelajaran saat bimbingan belajar diadakan. Bimbingan belajar yang diberikan pun sengaja dilakukan diluar rumah, supaya anak-anak tidak mudah merasa bosan saat belajar.
Edukasi Posisi Duduk Ergonomis. Mahasiswa PMM UMM Meliau mengajarkan kepada Anak-anak cara duduk Ergonomis yang baik | Fadila Rahma.
Selain itu, PMM UMM Meliau Hulu juga memberikan edukasi tentang posisi duduk yang ergonomis kepada anak-anak. Posisi duduk yang ergonomis merupakan posisi duduk yang tepat untuk menghindari berbagai masalah yang terjadi pada otot dan tulang yang bekerja selama duduk. Sehingga, anak tidak mudah merasa lelah, terhindar dari sakit leher, bahu, dan punggung. Dan yang paling penting, anak terhindar dari kelainan bentuk tulang punggung.

Cek, dan follow juga akun Instagram https://instagram.com/pmm.umm.meliau untuk tau lebih banyak tentang kegiatan yang diadakan oleh lima dare Kalimantan Barat ini yah!

*Penulis Adalah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang




Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini