Plus Minus Pakai Ban Profil Lebar, Cermati Sebelum Modifikasi Mobil

Editor : Redaksi II
Contoh modifikasi menggunakan ban profil lebar. Diabadikan di Sao Paulo, Brasil beberapa tahun lalu [Shutterstock].
Suara Kalbar - Untuk mempercantik tampilan eksterior, tak sedikit pengguna kendaraan roda empat memodifikasi bagian kaki-kaki dengan mengganti velg serta sepatu alias ban profil lebar. Biasanya modifikasi mobil itu dibarengi menurunkan bodi tunggangan, sehingga tampilan semakin menarik.

Akan tetapi, penggunaan ban lebih lebar dari standar, memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dicermati. Hal ini penting diketahui sebelum melakukan modifikasi bagian karet pelapis velg alias ban.

Mengutip Deltalube, disebut ban lebar karena dimensinya lebih lebar dari standar. Sebagai contoh, jika ban standar berada di kisaran 200-215 mm, ban lebar bisa mencapai 225-245 mm.

Dengan adanya penambahan lebar ban ini, ada beberapa faktor yang mengalami peningkatan dan penurunan.
Pameran mobil aftermarket dan modifikasi di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (23/2).
Pameran mobil aftermarket dan modifikasi di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (23/2). Perhatikan velg besar dan ban lebar pada contoh ini. Sebagai ilustrasi [ANTARA Foto].
Beberapa kelebihan yang bisa didapat jika menggunakan ban lebih lebar adalah:
  • Dalam kondisi basah maupun kering, ban lebih lebar dapat mereduksi jarak pengereman mobil karena ada peningkatan hambatan gulir (rolling resistance) dan grip ban. Hal ini membuat mobil berhenti dengan jarak lebih pendek.
  • Selain itu, ban lebih lebar juga memberi performa pengendalian yang lebih baik berkat traksi ban lebih besar dibanding ban lebih pipih. Termasuk saat menikung cepat, gejala mobil untuk bodi mobil bergeser lebih minim.
  • Begitu pula dalam hal akselerasi, traksi lebih besar juga membuat ban mencengkeram aspal lebih baik sehingga mobil lebih cepat bergerak.
Sedangkan sisi kekurangan penggunaan ban lebih lebar adalah:
  • Saat hujan dan adanya genangan air di jalan. Gejala aquaplaning muncul pada kecepatan yang lebih rendah dari ban lebih pipih. Artinya karena friksi ban ke aspal bisa lebih cepat hilang, maka lebih cepat pula mobil kehilangan pengendalian.
  • Ban yang lebih lebar cenderung menghasilkan suara lebih bising ketika melaju. Sehingga kenyamanan berkendara berkurang. Tapi dengan pemilihan velg yang tepat, suara lebih bising dari ban itu bisa lebih ditekan.
  • Ban lebih lebar terkadang bisa melebihi ruang sepatbor mobil. Agar terhindar dari gesekan, umumnya bibir sepatbor perlu dilipat atau digulung agar gerakan naik-turun dan kiri-kanan ban tidak terganggu. Begitu pula radius putar mobil bisa menjadi lebih lebar karena gerakan ban kiri-kanan berhenti lebih awal.
Sumber : Suara.com, Selengkapnya DISINI
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini