Pencipta Mouse, William English, Wafat di Usia 91 Tahun

Editor : Redaksi II
Purwarupa mouse komputer yang diciptakan William English dan Douglas Engelbart pada dekade 1960an. [Shutterstock]
Suara Kalbar - William English, salah satu pencipta mouse komputer, wafat pada usia 91 tahun di California, Amerika Serikat pada 26 Juli kemarin, demikian diwartakan Engadget, Senin (3/8/2020). English wafat karena menderita penyakit pernafasan.

English membuat mouse pertama pada 1963, memanfaatkan gagasan yang dikembangkan oleh rekannya Douglas Engelbart. Keduanya, yang berkarya di Stanford Research Intitute juga disebut sebagai orang yang pertama kali menjabarkan konsep awal komputer modern.

Dalam sebuah video bertajuk Mother of All Demos pada 1968, mereka berdua memamerkan banyak konsep komputer mulai dari user interface, penyuntingan teks online, video call, dan tautan hypertext.
Dalam sejarah komputer, English dikenal sebagai orang yang membuat mouse - dari konsep yang disusun Englebart - dan juga manusia pertama yang menggunakannya.

Mouse pertama buatan English terbuat dari kayu dan berwarna cokelat, memiliki satu tombol, dan dilengkapi dua roda dengan sudut 90 derajat. Mouse itu hanya bisa mendeteksi gerak vertikal dan horisontal.

"Ketika itu kami sedang mengembangkan teknolosi penyuntingan teks. Tujuan alat itu (mouse) adalah untuk menunjukkan huruf serta kata," kenang English dalam wawancara dengan Computer History Museum pada 1999 silam.

William English meninggalkan Stanford Research Institute pada 1971 dan pindah ke pusat riset Parc milik Xerox, salah satu perusahaan yang memelopori pengembangan komputer pribadi modern.
Di sana ia mengembangkan lagi mouse, mengganti dua roda dengan sebuah bola - desain yang masih digunakan pada mouse komputer puluhan tahun kemudian.

Ilustrasi mouse komputer. [Shutterstock]
Ilustrasi mouse komputer. [Shutterstock]
Sayangnya baik English maupuh Engelbart tidak memeroleh banyak uang dari temuan mereka itu. Hak paten mouse tersebut didaftarkan atas nama Xerox, bukan keduanya.

"Doug hanya mendapat 50.000 dolar untuk lisensi dari Xerox ketika Xerox Parc menggunakan mouse," kata dia daam wawancara dengan BBC beberapa tahun silam.

 Sumber : Suara.com, Selengkapnya DISINI
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini