Panen Semangka Milik Petani Desa Tanjung, Aloysius Siap Perhatikan Petani

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Wakil Bupati Aloysius saat panen semangka di kebun milik petani di Desa Tanjung Kecamatan Sekadau Hilir
Sekadau (Suara Kalbar) - Wakil Bupati Sekadau, Aloysius dan istri panen semangka milik seorang petani di Desa Tanjung Kecamatan Sekadau Hilir pada Rabu (12/8/2020) siang.

Hadir juga Anggota DPRD Sekadau ,Zainal, Paulus Subarno, Abuntono, Kepala Dinas Pertanian Sande, Kadis Kesehatan, Henry Alpius dan para pengurus Paguyuban Jawa Kabupaten Sekadau.

"Terima kasih kepada pak Wawan punya lokasi semangka. Ini potensi bagus. Pangsa pasar selalu ada.  Pemda melalui dinas pertanian sebagai icon daerah yang perlu kita kembangkan dengan bantuan keperluan petani,"ungkap Aloysius.

Menurutnya, dalam pembangunan sektor pertanian bisa berkesinambungan dengan komoditi lainnya.

"Untuk bantuan pertanian memang harus ada regulasi seperti dibentuk kelompok tani semanga dan komoditi lainnya,"kata Aloysius.

Kepala Dinas Pertanian Sekadau, Sande menyambut baik para petani yang terus mengolah lahan kosong dengan ditanam komoditi seperti semangka. Ia mengakui pemerintah belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan petani tapi sudah diberikan bantuan berupa handraktor guna mengolah lahan agar tidak lagi dilakukan secara manual.

"Kami berharap juga kedepan menjadi target petani perlu membentuk kelompok tani agar bisa terkoordinir dalam penyaluran bantuan dari pemerintah,"katanya.

Sementara itu,  Wawan pemilik kebun semangka menyambut baik kedatangan wakil bupati dan romongan yang langsung ikut panen di kebun.

"Kami berharap ada pupuk subsidi untuk tanama seperti semangka.  Jadi bukan hanya untuk sawit yang selama ini ada pupuk bersubsidi,"ujarnya

Selain itu,  dukungan dalam pemasaran hasil pertanian juga masih diharapkan para petani yang selama ini sudah dilakukan petani dijual hingga sampai Pontianak.

"Namun masih melalui beberapa tangga. Sehingga berpengaruh harga, "katanya.

Wawan menambahkan,  kebun semangka miliknya menghasilkan 20 ton sekali panen dengan harga jual semangka Rp5000 -Rp5500 perkilogramnya.

Penulis: Tim Liputan
Editor  : Kundori
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini