Nakes Positif Covid-19, Kadinkes Kalbar: Harusnya Tak Perlu Tertular Jika Ikuti Pedoman

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Kadinkes Kalbar Harisson
Pontianak (Suara Kalbar) - Akhir-akhir ini sering ditemukan tenaga kesehatan yang terjangkit virus Covid-19 disaat melayani masyarakat di fasilitas pelayanan kesehatan .

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Harisson sangat menyayangkan hal ini bisa terjadi. Karena sudah diatur dalam Permenkes tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI).

"Seharusnya nakes tidak perlu tertular, karena sudah ada permenkes tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) di fasilitas pelayanan kesehatan," kata Harisson kepada wartawan, Minggu (30/8/2020).

Dikarenakan sudah ditetapkannya permenkes tersebut seharusnya tenaga kesehatan tidak tertular atau menularkan virus tersebut.

"Jadi fasyankes maupun nakes harus disiplin berpedoman pada prosedur PPI tersebut supaya tidak tertular atau menularkan penyakit infeksi di fasyankes tersebut," jelasnya.

Dia menjelaskan, Alat Pelindung Diri (APD) saat ini tidaklah sesulit seperti dimasa awal pandemi. Saat ini APD sudah bisa didapatkan dipasaran.

"Untuk APD tidak seperti bulan-bulan awal Pandemi COVID-19 dimana memang kita kesusahan mencari APD dan lain-lain. Tapi sekarang APD sudah relatif tersedia dipasaran,"  sambungnya.

Dia menghimbau kepada tempat-tempat pelayan kesehatan masyarakat hendaknya tenaga kesehatan diberikan APD agar tidak tertular. Pelayan kesehatan diminta tidak pelit dalam hal ini.

"Hendaknya fasyankes rumah sakit, klinik, puskesmas mengadakan APD tersebut untuk tenaga kesehatannya. Jangan pelit," tegasnya.

Penulis: Yapi Ramadhan
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini