Muhammadiyah Mempawah Bagikan 800 Kantong Daging Kurban

Editor : Suhendra Yusri
Ketua PD Muhammadiyah Mempawah, Harun Arrasyid memantau proses pemotongan heewan kurban, Sabtu (1/8/2020).
Mempawah (Suara Kalbar)-Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Mempawah melaksanakan pemotongan hewan kurban di Jalan Nusantara II, Kelurahan Terusan, Mempawah Hilir, Sabtu (1/8/2020).

Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Mempawah, Harun Arrasyid, didampingi Ketua Panitia Kurban, Rudi Hartono, menjelaskan, hewan kurban yang dipotong pada perayaan Idul Adha 1441 H ini, berjumlah tujuh ekor sapi yang merupakan partisipasi pengurus PD Muhammadiyah Mempawah.

“Ketujuh hewan kurban menghasilkan 800 kantong daging. Ini merupakan upaya PD Muhammadiyah Mempawah untuk saling berbagi kebahagiaan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Harun.

Menurutnya, dalam Islam, ibadah kurban memiliki banyak keutamaan, yakni untuk meningkatkan iman dan takwa, menambah amal kebaikan, sebagai syiar agama, aksi sosial dan kemanusiaan serta sebagai wujud rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.

“Begitu besarnya keutamaan ibadah kurban ini, maka berkurban disebut para ulama merupakan salahsatu amalan yang dicintai oleh Allah SWT,” kata Harun.
Dalam proses pemotongan, Harun menambahkan pihaknya telah menerapkan protokol kesehatan merujuk pada Fatwa MUI, Surat Edaran Menteri Agama RI dan Surat Edaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 06/EDR/I.0/E/2020. Salahsatu isinya mengatur tentang penyembelihan hewan kurban di masa pandemi Covid-19.

“Misalnya, hanya petugas pemotongan yang berada di lokasi, warga tidak diperkenakan untuk melihat dari dekat guna mengantisipasi penyebaran Covid-19,” ujarnya.
Selain itu, petugas juga diminta mengenakan masker, menggunakan sarung tangan dan diminta selalu cuci tangan, terutama bagi petugas pencacahan dan pengemasan daging kurban.
“Begitu pula saat pendistribusian, petugas yang ditunjuk, untuk tetap mengenakan masker, mengenakan sarung tangan dan menjaga physical distancing. Semoga daging kurban yang kami bagikan bermanfaat untuk masyarakat,” harap Harun lagi.

Penulis : Dian Sastra
Editor   : Hendra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini