MSB Kota Singkawang Laksanakan Pentas Seni Multi Etnis

Editor : Suhendra Yusri
Tarian sejumlah etnis ditampilkan dalam kegiatan pentas seni budaya yang diselenggarakan Majelis Seni Budaya Kota Singkawang di Taman Rekreasi Teratai Indah Kota Singkawang, Sabtu (15/8/2020)
Singkawang (Suara Kalbar)- Majelis Seni Budaya Kota Singkawang melaksanakan pentas seni budaya multi etnis Singkawang Bersyukur di Taman Rekreasi Teratai Indah Kota Singkawang pada Sabtu (15/8/2020).

“Sangat bangga hati atas inisiastif sendiri 17 paguyuban pentas seni dalam rangka menyambut kemerdekaan HUT ke-75 RI, di momen kemerdekaan yang diikuti 17 etnis yang ada di nusantara ini sudah demikian akrab,” ujar Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, Drs HM Nadjib, MSi yang mewakili Wali Kota Singkawang.

Dia menjelaskan dengan keadaan seperti ini menunjukkan potensi masing-masing paguyuban itu.“Diantaranya pentas seni dan karnaval,  fashion show festival lagu dan sebagainya, tahun ini masa pandemi Covid-19 sehingga pementasan sedikit terhalang atau terganggu, “ katanya.

“Kawan-kawan mengangkap Singkawang zona hijau dan memungkinkan berinteraksi kembali, dengan jumlah  kondisi orang sangat terbatas,dan ini program inisiatif mereka dan kita mendukung mereka. Kegiatan ini akan berlangsung mulai Agustus, September dan Oktober,”jelasnya.

Nadjib mengatakan bahwa program ini merupakan program pemanasan yang menjelang ulang tahun Pemkot Singkawang dan Peringatan Sumpah Pemuda.

“Kebudayaan sebagai alat perekat, fakta dengan berbagai suku dan bangsa dan agama. Kalau tidak dipelihara dan dibina akan menimbulkan persoalan kerjasama yang baik dan saling pengertian sehingga bisa kompak seperti ini,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua Majelis Seni Budaya Kota Singkawang, Mulyadi Qamal mengatakan kegiatan ini juga tidak terlepas dari semua pihak diantaranya Taman Rekreasi Teratai Indah Kota Singkawang.

Dia menjelaskan, bahwa kegiatan pentas seni budaya ini merupakan  mudah-mudahan suatu pemanasan di zona hijau.

“Kegiatan ini pentas seni budaya multi etnis dalam tema Singkawang bersyukur yang menghimpun 17 etnis sangat mendukung inisiatif majelis seni budaya pentas budaya multi etnis di Taman Teratai Indah,” jelasnya.

Ketua panitia kegiatan, Rafael Gunawan mengatakan sejumlah lagu-lagu etnis yang ada di Kota Singkawang ditampilkan sejak Agustus dan September.“Sertifikat penghargaan dan proses kaderisasi dan estafet bisa diteruskan,” katanya.

Juniartuti dari Paguyuban Padang mengatakan diselenggarakan kegiatan pentas seni budaya ini untuk mempererat silahturahmi dan budaya  yang ada di Kota Singkawang.

Penulis   : Tim Liputan

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini