Mengejutkan, Muncul Klaster Baru 18 Orang Positif Covid-19 Habis Kontak Erat Petugas Kesehatan di Putussibau

Editor : Suhendra Yusri
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson
Pontianak (Suara Kalbar) – Jumlah positif Covid-19 terus bertambah kian hari, hingga sementara ini jumlah positif Covid-19 di Kalimantan Barat telah mencapai 27 kasus yang terkonfirmasi Covid-19, bahkan klaster terbaru sebanyak 18 orang positif Covid-19 di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu yang habis kontak erat dengan petugas kesehatan.

"Jadi berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Untan dan TCM RSUD Soedarso tanggal 24 Agustus tahun 2020 terdapat 27 orang tambahan kasus konfirmasi baru di wilayah Kalimantan Barat. Ini tambahan yang cukup banyak untuk kasus Covid-19," ujar Harisson kepada wartawan, Selasa (24/8/2020).

Dia mengungkapkan ke- 27 pasien kasus positif Covid-19 yang baru ini berasal dari daerah Kota Pontianak, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Landak dan Kabupaten Ketapang.

"Kota Pontianak 2 orang, Kapuas Hulu ada 18 orang, Landak 4 orang dan Ketapang 3 orang," ungkapnya.

Harisson mengatakan sebanyak18 orang yang berasal dari Kapuas Hulu ini melakukan kontak erat dengan petugas kesehatan Puskesmas Putussibau Utara yang sebelumnya terkonfirmasi Covid-19 dan 18 orang tersebut dinamakan Klaster Putussibau Utara.

"Untuk Kapuas Hulu ini merupakan hasil tracking dan testing terhadap kontak dari salah satu kasus konfirmasi Covid-19 yang merupakan petugas kesehatan di Puskemas Putussibau Utara. Nah petugas kesehatan bertugas diloket, Petugas kesehatan ini tertular dari pengunjung. Setelah kita telusuri petugas kesehatan yang kontak ada 18 orang kontak erat dengannya,sehingga hari ini ada 18 orang yang kita namai Klaster Putussibau Utara," terangnya.

Sedangkan untuk di Kabupaten Ketapang, dia jelaskan bahwa merupakan sampel sisa hasil pemeriksaan swab di Laboratorium Universitas Tanjungpura yang merupakan hasil dari razia di City Mall Ketapang.

Berdasarkan data sampai saat ini,Harisson menyampai terdapat 605 kasus konfirmasi Covid-19 di Kalbar, dimana 448 orang dinyatakan sembuh dan 4 orang meninggal dunia. Untuk hasil negatif ada 161 orang dan 4 orang running ulang.

"Sampai hari ini kasus kita ada 605 kasus konfirmasi Covid-19, sebanyak 448 orang dinyatakan sembuh atau sekitar 74 persen dan kasus aktifnya 153 orang," katanya.

Harisson mengatakan melihat data grafik, bahwa perlonjakan kasus gelombang kedua melewati grafik pada lonjakan kasus di gelombang pertama.

"Kalau digelombang pertama grafik yang paling tinggi kasusnya ada 137 orang tetapi sekarang kita digelombang kedua mencapi 153 orang," ujarnya.

Kadinkes Kalbar ini berpesan kepada masyarakat untuk tetap selalu berhati-hati dan tetap disiplin terhadap pelaksanaan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

"Ini harusnya menjadi perhatian bagi kita semua,kita harus benar-benar menjalankan protokol kesehatan karena diluar sudah banyak sekali kasus konfirmasi yang sebenarnya sudah ada tapi belum terdeteksi oleh kita," jelasnya.

Penulis : Yapi Ramadhan

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini