News  

KPU Sintang Jamin Hak Pilih Warga Tersalurkan

Ilustrasi Pilkada 2020 | Suara.com

Sintang (Suara Kalbar) – Pesta demokrasi Pemihan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Sintang akan digelar serentak dengan beberapa kabupaten lainnya di Kalimantan Barat pada Desember mendatang.

Hal tersebut selaras dengan tahapan-tahapan pemutahiran data yang terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum kabupaten Sintang.

“Coklit sudah selesai di lakukan  oleh petugas PPDP dan akan kita   pleno tingkat PPS dan PPK pada bulan September nanti,” kata Komisioner KPU Kabupaten Sintang, devisi pemutahiran data, Edi Susanto.

Lebih jauh di terangkan nya, bahwa KPU Kabupaten Sintang dalam hal ini menjamin serta melindungi hak pilih setiap warga yang dikarenakan oleh berbagai kelalaian, Baik itu aspek teknis, politis. Pemutahiran data pemilih akan terus di lakukan, walaupun coklis sudah dilakukan.

Dalam proses pemutahiran data pemilih, Edi menjelaskan, beberapa kendala di lapangan memang sempat dirasakan oleh para petugas pendata pemutahiran data. Jarak dan kondisi Medan infrastruktur kabupaten sintang seolah-olah menjadi kendala klasik bagi para petugas persiapan pesta demokrasi di bumi senentang.

“Infrastruktur, jarak tempuh dan beberapa kejadian alam akhir-ahir ini seperti banjir dan hujan menjadi bagian intimewa tersendiri bagi petugas pendataan kita,” papar Edi, sambil tersenyum.

Edi berharap, semua agenda yang sudah terjadwal dapat berjalan dengan baik.

“Semua tahapan sudah di jadwalkan, kita berharap agar semua berjalan dengan baik, sehingga hak pilih warga negara dapat disalurkan dengan benar pada Desember mendatang,” pungkasnya.

Penulis: Hendriono