Keren, YouTuber Ciptakan Robot Pemotong Rambut

Editor : Redaksi II
Ilustrasi robot [Shutterstock].
Suara Kalbar - Salah satu cara memutus penularan COVID-19 adalah meminimalkan kontak langsung antara dua belah pihak sehingga virus susah "berjalan-jalan". Sehingga layanan yang melibatkan sentuhan seperti jasa salon dan barbershop tutup. Masyarakat mengantisipasi kondisi ini dengan memangkas rambut sendiri di rumah.

YouTuber dengan akun Shane of Stuff Made Here menjadikan kondisi ini sebagai pemicu kreativitas. Ia menciptakan robot yang bisa membantunya mencukur rambut.
Shane mencoba robot pemotong pertama kali [YouTube: Shane of Stuff Made Here].
Shane mencoba robot pemotong rambut pertama kali [YouTube: Shane of Stuff Made Here].
Robot dirancang memiliki gerakan layaknya lengan manusia. Dan aktivitas yang dilakukan mirip seperti pemangkas rambut betulan. Yaitu mengoperasikan gunting.

Bahkan, sang YouTuber juga melengkapi robot pencukur rambut ini dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intteligence (AI), sehingga bisa berkomunikasi menggunakan suara.

Maka sepanjang proses pencukuran rambut, robot bisa memberikan saran tertentu layaknya seorang penata rambut.

Sedangkan untuk pemilihan gaya rambut, YouTuber ini membuat aplikasi di iPad. Nantinya, model yang dipilih akan menjadi rujukan robot ketika memangkas rambut setiap objek.
Pengujian robot memotong wig [YouTube: Shane of Stuff Made Here].
Pengujian robot memotong wig [YouTube: Shane of Stuff Made Here].
Menurut Shane, ia percaya bahwa robot pemangkas rambut ini memiliki banyak potensi yang masih bisa dikembangkan di masa akan datang.

"Bayangkan, robot ini bekerja berdasarkan hitungan matematika. Karena menggunakan algoritma, jadi bisa memotong rambut dengan lebih presisi, bentuk dan panjang yang sama. Sebuah riset panjang, sehingga bila ingin berdonasi silakan," tutup Shane sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Jumat (31/7/2020).


Sumber : Suara.com
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini