Kekebalan Tubuh Bagus, 10 Guru Terkonfirmasi Dinyatakan Sembuh

Editor : Redaksi II
Ilustrasi perangi Covid-19 |Suara.com
Mempawah (Suara Kalbar)-Satgas Covid-19 melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah terus bergerak untuk memeriksa 10 guru yang terkonfirmasi positif, baik SMAN 1 maupun SMPN 1 Mempawah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah, Jamiril, mengatakan, meski libur kerja, Tim Cepat Tanggap Dinas Kesehatan tetap turun untuk melakukan pemeriksaan terhadap ke-10 guru yang berdasarkan hasil swab PCR dinyatakan positif Covid-19.

“Kesemuanya dinyatakan dalam kondisi sehat. Tidak seorang pun yang mengeluhkan sakit seperti demam, batuk, pilek, kehilangan rasa, maupun gangguan pernafasan. Dengan demikian, disimpulkan ke-10 guru telah sembuh,” tegas Jamiril.

Kesimpulan ini diambil berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 413 tahun 2020, yang menjelaskan bahwa, 15 hari pasca diambil sampel swab, seseorang yang tergolong asimtomatik atau tanpa gejala, jika tidak mengalami keluhan sakit apapun, maka dinyatakan sembuh.

Swab bagi para guru SMAN 1 Mempawah Hilir dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2020. Sedangkan guru SMPN 1 Mempawah Hilir pada 5 Agustus. Dengan demikian, saat hasil laboratorium RS Untan keluar pada 19 Agustus dan 20 Agustus 2020, itu berarti melewati waktu 15 hari.

“Dan berdasarkan hasil pemeriksaan dan wawancara terhadap ke-10 guru ini, tidak menunjukkan adanya keluhan. Ini karena kekebalan tubuh mereka bagus. Sekali lagi, berdasarkan PMK Nomor 413 tahun 2020 tersebut, mereka dinyatakan telah sembuh,” beber Jamiril.

Pun demikian, Satgas Covid-19 dan Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah akan terus melakukan tracking terhadap orang-orang yang ada kontak erat dengan ke-10 guru ini agar bisa ditelusuri dan dideteksi penyebarannya agar tidak meluas.

“Insya Allah Senin (24/8/2020), Tim Dinas Kesehatan dan Puskesmas akan melakukan tracking. Bila perlu dilaksanakan penyelidikan epidemiologi (PE) untuk memastikan telah terjadi atau tidaknya penyebaran yang lebih luas,” jelas Jamiril.

Penulis : Dian Sastra
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini