Jelang Pindah Tugas, Taslimah Berharap Pengadilan Agama Landak Bisa Terwujud

Editor : Diko Eno
 Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga saat menyerahkan cinderamata kepada Ketua Pengadilan Agama Mempawah, Taslimah, yang pindah tugas ke Jakarta | Suarakalbar: Dian Sastra.
Mempawah (Suara Kalbar)-Ketua Pengadilan Agama (PA) Mempawah, Taslimah, kini berpindah tugas sebagai Hakim PA Jakarta Selatan.

Penggantinya adalah Mahdi, Wakil Ketua PA Mempawah yang kini promosi jabatan sebagai ketua pengadilan agama.

Acara pengantar tugas Taslimah berlangsung di Aula PA Mempawah, Senin (24/8/2020) pagi. Terlihat hadir, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Firdaus Muhammad Arwan, Bupati Mempawah, Erlina, Kapolres AKBP Tulus Sinaga dan jajaran Forkorpimda lainnya.

Dalam sambutannya, Taslimah menyampaikan harapan agar Pengadilan Agama di Kabupaten Landak bisa segera terwujud dalam rangka percepatan penyelesaian hukum dan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat di sana.

Menurut Taslimah, sebelumnya wilayah yurisdiksi PA Mempawah adalah Kabupaten Mempawah, Kubu Raya dan Landak. Berdasarkan Keppres Nomor 15 Tahun 2016, Kabupaten Kubu Raya yang telah berdiri sendiri, kini memiliki Kantor Pengadilan Agama.

“Dengan demikian, wilayah yurisdiksi Pengadilan Agama Mempawah mengecil menjadi Kabupaten Mempawah dan Landak,” ujarnya.

Kabupaten Landak, tambah Taslimah, merupakan daerah yang potensial dan tengah berkembang di berbagai bidang, seperti halnya Kabupaten Mempawah yang secara signifikan melaksanakan pembangunan.

Apalagi aparat penegak hukum dan instansi terkait, baik yang sifatnya horizontal maupun vertikal, seperti Polres Landak, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Kementerian Agama maupun DPRD telah terbentuk di Kabupaten Landak.

“Mencermati perkembangan tersebut dan untuk sinergitas antar aparat penegak hukum, maka di Kabupaten Landak perlu segera dibentuk pengadilan agama,” imbuhnya.

Usulan pembentukan PA Ngabang di Kabupaten Landak telah diusulkan oleh PA Mempawah. Karenanya, ia berharap usulan itu dapat segera terwujud.

Penulis : Dian Sastra
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini