Jadi Sorotan Tajam, Alat Ini Bisa Bikin Mobil Keyless Mudah Dicuri

Editor : Redaksi II
Ilustrasi Game Boy
Suara Kalbar - Sebuah perusahaan asal Bulgaria, SOS Auto Keys tengah jadi sorotan usai dijualnya alat canggih dengan bentuk mirip konsol game tua, Game Boy sejak tahun lalu.

Alat ini sebenarnya ditujukan untuk para tukang duplikat kunci, agar bisa dengan mudah menolong pemilik mobil untuk membuka pintu yang, bahkan pada mobil keyless.

Dilansir dari The Sun, alat tersebut dibanderol dengan harga 20 ribu poundsterling alias sekitar Rp 390 jutaan.

Dalam alat tersebut terdapat 'otoritas' dari berbagai jenis mobil, membuatnya bisa membuka nyaris semua pintu kendaraan keyless.

Selain dengan 'otoritas'  bawaan, alat tersebut juga bekerja dengan cara memindai sinyal khusus remot dan menyimpannya agar bisa meniru. Praktis alat ini bisa memberi perintah layaknya remot kunci mobil yang asli.
Ilustrasi keyless system [Shutterstock].
Ilustrasi keyless system [Shutterstock].
Didaulat sebagai alat buka kunci paling canggih, SOS Key Toll ini memicu kontroversi mengingat besar kemungkinan untuk menyalahgunakan piranti tersebut.

Praktis para pencuri mobil tinggal menggunakan alat ini pada mobil keyless, dan bebas menculik kendaraan tersebut tanpa harus kerepotan.

Saking berbahayanya, pihak polisi menyebut bahwa alat ini menyebabkan kenaikan kasus pencurian mobil sebanyak lima puluh persen, menjadi 106.291 kasus tahun lalu.

Kepolisian West Midlands, Inggris juga telah menutup sebanyak 100 'rumah jagal', sebuah sebutan untuk tempat pemotongan mobil agar bisa dijual per komponen. Tempat pemeretelan mobil ini diduga banyak terlibat dalam distribusi onderdil ilegal.


 Sumber : Suara.com, Selengkapnya DISINI
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini