Ingin Kaca Helm Kinclong Kembali? Bisa Coba Pakai Pasta Gigi

Editor : Diko Eno
Ilustrasi pasta gigi [Shutterstock].
Suara Kalbar- Visor atau bagian kaca helm adalah bagian terpenting dari pelindung kepala untuk kebutuhan bermotor. Saat bagian ini kusam atau kotor, daya dan jarak pandang bisa berkurang.
Ujung-ujungnya berisiko tak bisa melihat detail jalanan secara jelas dan menyebabkan kecelakaan lalu lintas atau laka lantas. Jadi mari kita siapkan pasta gigi untuk antisipasi kondisi buram tadi.
Pasti gigi?

Yup, salah satu cara membersihkan kaca helm memang menggunakan cairan pembersih khusus sehingga bisa kembali kinclong. Namun pasta gigi ternyata bisa digunakan untuk kebutuhan ini.
Dan bagi orang-orang yang suka kegiatan menyelam atau diving, kebiasaan membersihkan masker menggunakan odol atau pasta gigi bukan soal aneh. Sebelum terjun bersama buddy ke laut, di geladak pasta gigi disodorkan berkeliling kepada para diver.
Membersihkan helm dengan kain microfiber. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Membersihkan helm dengan kain microfiber. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Menurut Executive Director RSV Helmet, Richard Ryan, penggunaan pasta gigi untuk membersihkan kaca helm dengan pasta gigi bisa dilakukan, meski belum ada penelitian ilmiah yang membenarkan kegunaan itu.

"Tidak ada penelitiannya, untuk disebut bisa atau tidak. Tapi memang banyak yang menggunakan pasta gigi untuk membersihkan visor, dan berfungsi," ujar Richard Ryan kepada Suara.com.

Namun demikian, Richard Ryan menyatakan tidak mengetahui alasan pasti mengapa pasta gigi bisa digunakan untuk membersihkan kaca helm. Lantas belum diketahui apakah bisa merusak permukaan visor atau tidak untuk penggunaan jangka panjang.

"Kalau dari kami tetap disarankan untuk menggunakan cairan khusus pembersih visor," saran Richard Ryan.

Terakhir, ia menyarankan agar memilih cairan khusus visor secara hati-hati. Utamanya bila bagian kaca ini dibuat dengan pelapisan atau coating iridium.

"Pengecualian untuk cairan khusus adalah visor yang mengandung iridium. Jangan disemprot lantas digosok, karena bisa menghilangkan coating iridium itu," tandasnya.

Sumber : Suara.com, Selengkapnya DISINI
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini