Hampir Tiga Ribu Sertifikat Dibagikan Tahun ini

Editor : Suhendra Yusri
Bupati Sanggau, Paolus Hadi mrenandatangani berita acara hasil sidang, Senin (3/8/2020). 
Sanggau ( Suara Kalbar) - Bupati Sanggau Paolus Hadi memimpin sidang panitia pertimbangan landreform Kabupaten Sanggau tahun 2020 yang digelar di lantai satu Kantor Bupati Sanggau, Senin (3/8/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot, Kepala BPN Sanggau Zulfitriansyah dan Kapolres Sanggau yang diwakili Kasat Reskrim AKP Yafet Patabang dan sejumlah panitia lainnya. "Landreform ini semacam pemeriksaan apa yang sudah dilakukan oleh tim,"ujar Paolus Hadi.

Disampaikannya ada beberapa unsur yang penting untuk dicek dan dibahas dalam sidang. "Diantaranya tata ruangnya sesuai atau tidak, masuk kawasan hutan atau tidak, masuk HGU atau tidak dan hak - hak lainnya termasuk tanah gambut atau tidak,"katanya.

Bupati Sanggau juga menyampaikan, harusnya tahun ini Kabupaten Sanggau mendapatkan 12 ribu bidang tanah yang disertifikat.

"Namun karena situasi akibat pandemi Covid-19, Kabupaten Sanggau akhirnya mendapatkan 2.946 bidang tanah. Tadi kita putuskan di dalam sidang 2.946 bidang tanah dan sudah tidak ada masalah karena sudah sesuai dengan aturan," kata Paolus.

Sementara itu, Kepala BPN Sanggau Zulfitriansyah mengaku bersukur karena semua proses dari awal hingga akhir."Dari dimulainya penyuluhan, pengukuran, identifikasi, inventarisasi sampai kepada peneilitan lapangan berjalan dengan lancar. Semuanya berjalan lancar sesuai ketentuan termasuk subjek dan objek," kata Zulfitriansyah.

Dia menjelaskan, cuma memang yang harus diterima karena kondisi Covid-19 dari semula 12 ribu hanya mendapatkan 2.946 bidang.

"Setelah kita ukur, identifikasi dan inventarisasi lapangan, hari inilah saatnya kita menggelar sidang panitia," katanya.

Dalam proses persidangan tadipun, lanjutnya, ada masukan dan saran dari panitia untuk kesempurnaan ke depannya.

"Target saya minggu ke dua bulan ini bisa selesai semuanya. Untuk penyerahan fisik sertifikat kita tunggu instruksi pimpinan karena inikan program nasional, apakah nanti seperti biasa atau secara virtual mengingat kondisi Covid-19 ini," jelasnya.

Penulis       :  Ucok
Editor         : Hendra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini