Guru SMK Bina Utama Sosok Dibekali Penggunaan Laboratorium Fiber Optik

Editor : Suhendra Yusri
SMK Bina Utama Sosok Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau akan menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) penggunaan laboratorium fiber optik. Diklat yang diikuti 8 guru jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di SMK tersebut digelar selama empat hari, 26-29 Agustus 2020.
Sanggau (Suara Kalbar) - SMK Bina Utama Sosok Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) penggunaan laboratorium fiber optik. Diklat yang diikuti 8 guru jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK tersebut digelar selama empat hari, 26-29 Agustus 2020.

Dalam diklat yang dihelat di Laboratorium Teknik Komputer dan Jaringan SMK Bina Utama Sosok ini, pihak sekolah menggandeng PT. Telkom Indonesia dan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidang fiber optik.

Ketua Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Bina Utama Sosok Wahyudi mengatakan, diklat penggunaan laboratorium fiber optik ini meliputi pembahasan teori serta penggunaan alat-alat yang berkaitan dengan fiber optik, teknik pengupasan kabel fiber optik, teknik troubleshooting jaringan fiber optik hingga penyambungan dari kabel fiber optik.

“Mudah –mudahan keberadaan laboratorium fiber optik SMK Bina Utama Sosok ini dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Kabupaten Sanggau. Apalagi di era digitalisasi keahlian seperti ini sangat dibutuhkan,” ujar Wahyudi,  Jumat (28/8/2020).

Wahyudi mengatakan jaringan serat optik saat ini sudah banyak digunakan untuk jaringan akses. Yaitu jaringan yang menghubungkan pusat layanan (central office) dengan pelanggan dan sudah hampir menyeluruh di wilayah Indonesia.

“Kami berharap ke depan siswa lulusan TKJ Smk Bina Utama Sosok mampu mengembangkan teknologi fiber optik agar dapat membantu masyarakat dan berguna bagi bangsa dan negara,” jelasnya.

Penulis : Darmansyah

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini