Guru di Melawi Jalani Swab, Sebelum Kegiatan Belajar Sekolah

Editor : Redaksi II
Pengambilan swab  di SMP Negeri 1 Nanga Pinoh.[Suarakalbar/Dea]
Melawi (Suara Kalbar)- Kabupaten Melawi bersiap melakukan aktivitas belajar mengajar di sekolah atau tatap muka langsung dengan siswanya.

langkah preventif terus dilakukan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan melakukan tes Swab terlebih dahulu bagi para guru, staf TU dan petugas pendukung lainnya di sekolah.

“Sesuai arahan pak Gubernur, diharuskan melakukan uji swab untuk mendukung rencana kelanjutan pelaksanaan tatap muka dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah,” kata Kepala Dinkes Melawi, dr. Ahmad Jawahir, di komplek SMPN 1 Nanga Pinoh, Selasa (4/8/2020).

Dikatakannya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) tengah menggalakkan program tes swab dilingkungan sekolah untuk mengetahui sebaran virus corona (Covid-19), sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus ganas itu.

Seperti diketahui, sebaran kasus positif Covid-19 terkonfirmasi kepada beberapa orang guru di Kalbar. Uji swab pengambilan sampel diprioritaskan dilingkungan SMPN 1 dan SMAN 1 setiap daerah. Dari hasil swab di dua sekolah ini pun akan menentukan rencana pelaksanaan tatap muka dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Kita berdoa, uji swab di dua sekolah ini tidak ditemukan terkonfirmasi positif, sehingga proses tatap muka pembelajaran bisa berlangsung di Melawi,” harap  juru bicara Penanganan Percepatan Covid-19 Melawi itu dengan ramah.

Meskipun diprioritaskan Pemprov Kalbar pengambilan swab dilingkungan dua sekolah tersebut, namun pihaknya juga mempersilahkan dari sekolah lain yang ingin tes swab dengan target sekitar 700 orang.

Sekretaris Dinkes Melawi, dr. Gunadi Linoh menambahkan, Selanjutnya, pihaknya akan melakukan tes swab dilingkungan SMAN 1 Nanga Pinoh pada hari Rabu (5/8/2020).

Tes swab kali ini, kata Linoh, tidak hanya di ikuti dari lingkungan SMPN 1 Nanga Pinoh saja, juga diikuti dari SMA Santa Maria Nanga Pinoh sebanyak 19 orang dan sekolah-sekolah lainnya.

“Selanjutanya hasil tes swab ini akan kami kirim ke Laboratorium Untan. Kita berharap semua hasil swab negatif, termasuk pemeriksaan swab dilingkungan SMAN 1 Nanga Pinoh besok,” harap Linoh.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Nanga Pinoh, Theresia  Idayani mengatakan, sebanyak 64 yang mengikuti pemeriksaan tes swab dari lingkungan SMPN 1 Nanga Pinoh yang terdiri dari guru, TU, staf dan petugas pendukung aktivitas sekolah lainnya.

Theresia meminta kepada guru-guru, TU, staf dan lainnya agar mengikuti tes dengan santai tanpa rasa takut serta rasa cemas dan juga berharap hasilnya nanti negatif semuanya.

"Ini demi kebaikan kita semua. Semoga hasilnya Negatif. Amin" pungkasnya.


Penulis : Dea Kusumah Wardhana
Editor   : Diko Eno
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini