Ditengah Pandemi, Depi Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Berkebun

Editor : Suhendra Yusri
Depi Sisianto (28), seorang warga Sekadau memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya untuk ditanami sayur di tengah pandemi Covid-19, Jumat (28/8/2020).

Sekadau (Suara Kalbar) - Ditengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda membuat masyarakat harus pandai-pandai memanfaatkan waktu. Berkebun menjadi salah satu cara mengisi waktu luang ditengah kesibukan.
Depi Sisianto (28), seorang warga Sekadau, Kalbar memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya untuk ditanami sayur. Sayur yang ditanam meliputi Cabe, Terong dan Sawi Thailand.

"Ya inilah aktivitas saya setiap sore ketika pulang kerja, siram tanaman, ngecek kondisi tanaman kalau ada yang rusak, ngasi pupuk," ujar Depi yang sekarang bekerja di Kantor Bupati Sekadau, Jumat (28/8/2020).

Aktivitas merawat dan menyiram sayur ia lakukan pada pagi hari sebelum berangkat kerja dan sore ketika pulangnya.

Ia menceritakan untuk hasilnya sendiri cukup untuk kebutuhan sehari - hari bahkan kadang bisa lebih untuk dijual ke pasar.

Depi melanjutkan, berkebun merupakan salah satu aktivitas positif yang bisa dilakukan bertahan dimasa yang sulit ditengah pandemi. Bahkan ia sudah sering menjual hasil kebunnya kepasar meski tidak seberapa.

"Bagi yang punya halaman baik didepan maupun dibelakang rumah bisa kita gunakan untuk berkebun, tidak harus luas yang penting kita pandai mengatur posisi tanamannya bisa juga," ajaknya.

Depi mengajak masyarakat terutama para pekerja kantoran untuk bisa berkreasi ditengah sulitnya ekonomi. Selain tu, berkebun juga bagi sebagian kalangan merupakan hobi dan bisa mengurangi rasa kecemasan dan stres ditengah Covid-19.

"Bukan hanya berkebun, aktivitas lain yang bisa dilakukan seperti budidaya lele menggunakan ember juga bisa kita dilakukan karena cukup simple dan mudah, teman saya sudah memulai itu," ungkapnya.


Penulis : Tambong Sudiyono

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini