Desa Merapi Siap Deklarasi ODF Stop BABS

Editor : Eno
Rapat panitia Deklarasi ODF Stop BABS di Desa Merapi Kecamatan Sekadau Hilir | Suarakalbar: Tambong.
Sekadau (Suara Kalbar) - Pemerintah Desa Merapi Kecamatan Sekadau Hilir siap mendeklarasikan stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau Open Defecation Free (ODF). Hal ini disampaikan Ketua panitia Umar. S Arif usai mengadakan rapat bersama Kepala Desa, BPD, BPD, tokoh masyarakat dan tokoh masyarakat Desa Merapi.

"Alhamdulillah kita baru selesai membentuk kepanitiaan, Insya Allah kita siap menyelenggarakan kegiatan nanti," ujar Umar yang juga ketua ISNU Sekadau, Kamis (27/8/202).

Adapun jumlah Kepala Kekuarga yang siap di deklarasikan yaitu sebanyak 567 KK di dua Dusun yaitu Dusun Merapi dan Dusun Lisuk Raya.

Umar menegaskan Deklarasi ODF dilaksanakan bertujuan untuk merobah pola hidup masyarakat untuk tidak membuang air besar sembarangan, karenanya masyarakat harus ikut andil dalam menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

"Kita ingin memastikan masyarakat kita bisa hidup bersih dan terhindar dari penyakit, maka peran semua pihak dari pejabat hingga masyarakatnya harus berperan aktif mensukseskan kegiatan ini dan meyakinkan bahwa hidup sehat harus menjadi budaya," ungkap Sekdes Merapi ini.

Diketahui saat ini Pemerintah Daerah Sekadau sedang gencar mendeklarasikan setiap Desa untuk bisa deklarasi ODF untuk memastikan masyarakatnya bisa stop BABS.

Adapun pelaksanaan kegiatan Deklarasi direncanakan tanggal 10 September 2020 dengan mengundang Bupati dan Wakil Bupati Sekadau, Dinas Kesehatan dan pihak terkait di Balai Pertemuan Kemasyarakatan, Komplek Kantor Desa Merapi.

"Kita minta doanya semoga kegiatan nantinya bisa berjalan lancar. Apalagi ditengah situasi pandemi Covid-19, menjaga kesehatan dan kebersihan sangat penting digalakan," pungkasnya.

Penulis : Tambong Sudiyono
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini