Deklarasi ODF di Desa Ensalang, Rupinus - Aloysius Ingin Masyarakat Stop BABS

Editor : Redaksi II
 Bupati Sekadau Rupinus dan Wakil Bupati Sekadau Aloysius menghadiri acara Deklarasi Open Defecation Free (ODF) | Suarakalbar: Tambong.
Sekadau (Suara Kalbar) - Bupati Sekadau Rupinus dan Wakil Bupati Sekadau Aloysius menghadiri acara Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan (BABS) di Desa Ensalang Kecamatan Sekadau Hilir, Sekadau, Kamis (13/8/2020) pagi.

Bupati Sekadau, Rupinus mengatakan,  program ODF sangat penting guna memastikan kesehatan masyarakat terbebas dari penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Maka dengan di deklarasikannya Desa Ensalang berstatus ODF maka dapat dipastikan masyarakat telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

"Sekarang setelah terverifikasi ODF, baik musim kemarau maupun musim penghujan masyarakat bisa terhindar dari berbagai penyakit akibat lingkungan yang tidak sehat akibat perilaku BABS," kata Rupinus.

Sebagai penunjang, program Pamsimas di Desa Ensalang yang menyediakan infrastruktur air bersih juga sudah berjalan. Bupati berharap dengan di deklarasikannya Desa Ensalang sebagai Desa yang sudah ODF masyarakat tidak lagi membuang kotoran atau tinja di ladang, hutan, semak-semak, sungai atau area terbuka lainnya.

"Mari kita bersama-sama menerapkan pola hidup sehat apalagi ditengah pandemi Covid-19 agar selalu mencuci tangan dan menggunakan masker jika sedang atau setelah beraktivitas diluar rumah," ujarnya.

Kepala Desa Ensalang, Fransiskus Amat Tuliang mengucapkan terimakasih kepada Pemda Sekadau atas dukungannya selama ini sehingga Desa Ensalang bisa dideklarasikan sebagai salah satu Desa yang sudah ODF. Ia menyebut sebanyak 35 Kepala Keluarga sudah mendapatkan bantuan berupa renovasi WC.

"Terimakasih Bapak Bupati dan Wakil Bupati, puji Tuhan masyarakat kita sudah mendapatkan bantuan, ada yang WC nyan di renovasi maupun yang buat baru," sampainya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPRD Sekadau, Paulus Subarno dan Abuntono, Dandim 1204 Sanggau Sekadau, kepala dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Henry Alpius, kepala dinas Lingkungan Hidup, ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Sekadau, Ketua GOW Kabupaten Sekadau, DC. Pamsimas kabupaten Sekadau, Camat Sekadau Hilir, Muspika Sekadau Hilir, ketua Tim Penggerak PKK Sekadau Hilir, kepala Puskesmas Sekadau Hilir, kepala Puskesmas Selalong, kepala desa se Sekadau Hilir, Kepala Dusun Ensalang dan Tokoh masyarakat.

Penulis : Tambong Sudiyono
Editor    : Diko Eno
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini