Cegah Karhutla di Jongkat, Polsek Siantan Perbanyak Patroli

Editor : Redaksi II
Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono saat berdialog dengan masyarakat dan petani dalam upaya pencegahan karhutla | Suarakalbar: Dian Sastra.
Mempawah (Suara Kalbar)-Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono, mengatakan, akan memperbanyak patroli di lokasi yang berpotensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah.

“Sekaligus kami juga mengerahkan bhabinkamtibmas untuk terus memberikan sosialisasi Pergub 103 Tahun 2020 tentang pembukaan lahan pertanian yang berbasis kearifan lokal. Lebih baik mencegah daripada mengobati,” ujarnya Rahmad Kartono seraya tersenyum.

Ia berharap, dari kegiatan patroli, monitoring dan himbauan pencegahan karhutla ini, akan semakin kuat kesadaran masyarakat dan petani agar mematuhi Pergub 103 tahun 2020, sehingga lebih bijak saat membuka atau membersihkan lahan.

Misalnya pada Selasa (11/08/2020), sejak siang hingga menjelang petang, Kapolsek mengaku bersama empat anggota Polsek Siantan terus berkeliling, keluar masuk desa, hingga mengecek ke kawasan hutan untuk memastikan tidak ada hotspot atau titik api.

Kelima petugas ini juga masuk ke lokasi perkebunan di Jalan Parit Berkat, Desa Jungkat. Di sana, ditemui beberapa peladang yang baru pulang dari sawah dan kebun. Kapolsek langsung menyampaikan imbauan pencegahan karhutla.

“Dan Alhamdulillah, dari kunjungan kami berkeliling desa itu, tidak ditemukan titik api. Tapi kita tak boleh lengah. Jadi setiap bertemu dengan masyarakat, khususnya para peladang, secara humanis kami sampaikan imbauan pencegahan karhutla,” jelas Rahmad Kartono.

Begitu pula dengan bhabinkamtibmas, ia mengaku telah meminta agar petugas garda terdepan di masyarakat ini untuk lebih bekerja keras dalam mengawasi aktivitas pembukaan lahan di masing-masing desa.

“Bhabinkamtibmas juga diharapkan 24 jam memantau aplikasi Lancang Kuning. Dengan demikian, jika ditemukan titik hotspot dapat segera dilakukan pengecekan dan penanganan secara maksimal,” harap Rahmad Kartono.

Penulis : Dian Sastra
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini